Sabtu, 23 Rajab 1442 H | 06 Maret 2021

ROKAN HULU - Kondisi areal konservasi ikan arwana yang terletak di rawa 1.000, Desa Mahato, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, seluas 3.700 hektar saat ini sangat memprihatinkan dan bahkan terancam punah.

Hasil penelusuran, Jumat (7/3), kawasan konservasi ikan arwana tersebut sudah dirambah oleh oknum untuk dijadikan lahan perkebunan bahkan hanya beberapa persen saja yang tersisa.

Sebelumnya, kawasan tersebut sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sebagai areal konservasi ikan Arwana.
"Kondisi ini adalah hasil laporan tim Dinas Kehutananan Rokan Hulu yang mengecek langsung kelapangan melihat bahwa kawasan tersebut sudah berubah peruntukannya karena dibabat untuk perkebunan sawit," kata Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan Rokan Hulu, Sugiarno kepada wartawan.

Menurutnya, lahan konservasi yang tersisa hanya beberapa persen saja dari 3.700 lahan untuk areal konservasi ikan arwana karena dirambah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menurut Sugiarno, saat peninjuan ke lokasi konservasi ikan arwana pihaknya menemukan satu unit exskapator teronggok di areal, diduga telah dipergunakan oknum untuk merambah areal konservasi ikan arwana.

Sayangnya, lanjut kata dia, tim ivetigasi ini tidak menemukan pelaku karena kemungkinan sudah bocor sehingga pelaku berhasil kabur.
"Tim hanya berhasil mengamankan satu unit exskapator sebagai barang bukti dan barang bukti ini rencananya akan dibawa ke kantor Dinas Kehutanan di Pasirpangaraian untuk pengusutan selanjutnya," kata Sugiarno.

Camat Tambusai Utara, Gorneng juga mengatakan pihaknya telah mendapat laporan dari masyarakat tentang adanya aktivitas oknum yang tidak bertanggung jawab merambah areal konservasi ikan arwana tersebut.

Gorneng mengaku pihaknya akan terus memantau kondisi kawasan konservasi ikan arwana ini dari perambahan agar arwana Mahato ini tidak punah. Karena kualitas ikan arwana Mahato ini termasuk yang terbaik. "Kami selamatkan areal yang tersisa agar ikan langka ini benar benar tidak punah dari daerah ini," kata Gorneng. (MC Riau/hr)

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

Wagubri Bersama Forkompimda Tinjau TPS di Rokan Hulu

Rabu, 09 Desember 2020 | 11:39:51 WIB

Venue Paralayang Miliki Potensi Wisata

Kamis, 12 November 2020 | 21:33:29 WIB

Gubri Ajak Masyarakat Prioritaskan Tanaman Pangan

Kamis, 12 November 2020 | 21:25:56 WIB

Gubri Akan Usulkan Jalan Perbatasan Jadi Jalan Nasional

Kamis, 12 November 2020 | 16:54:34 WIB

Gubri Serahkan Bantuan Obatan Covid-19 ke Pemkab Rohul

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 14:19:14 WIB

Wagubri Kunjungi Situs Cagar Budaya Istana Rokan

Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:30:49 WIB