Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021

SELATPANJANG - Secara tiba-tiba semak belukar berada di belakang SD 16 Kecamatan Tebingtinggi di Jalan Manggis, Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau, terbakar, beberapa masyarakat sekitar berupaya memadamkan api, namun sayangnya angin kencang ditambah banyaknya daun kering membuat api cepat menyebar hingga mendekati pemukiman.

"Kebakarannya terjadi sejak Kamis sore kemarin, malam harinya api semakin membesar mendekati salah satu rumah warga. Warga sekitar ramai berjaga hingga malam," ucap Dewi, ibu rumah tangga yang bermukim di jalan tempur, gelora Selatpanjang, Minggu (9/3).

Dari pantauan di lapangan pada Jum"at (7/2) kemarin, titik api hanya berjarak 50 meter dari rumah ibu Dewi, sementara disebelah rumahnya merupakan belukar. Beruntung angin tidak mengarah ke rumahnya hingga api menjalar lebih cepat ke selatan memakan belukar yang berada di belakarang rumah penduduk jalan Kuburan Baru, Borot.

Selang beberapa saat, tim Pemakam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kepulauan Meranti tiba di sekitar lokasi kebakaran di jalan Kuburan Baru. Karena titik api berada dibelakang rumah warga, Damkar terpaksa membawa selang air diantara lorong-lorong rumah masyarakat.

Salah seorang warga Miswandi ketika diwawancara, mengakui sebelumnya sudah terjadi kebakaran dibelakang rumahnya. Secara pasti tidak tahu penyebab api.

"Kemungkinan dari puntung rokok dari orang yang mengambil rumput di belakang rumah warga. Karena warga disekitar sini tidak lagi berani membakar sampah. Kemarin itu kita padamkan dengan memukul api menggunakan daun-daun pisang. Untung bisa dipadamkan. Tapi pagi ini kami cemas lagi karena api kembali mengarah ke sini. Mudah-mudahan pihak Damkar bisa memadamkan api," kata Miswandi. (MC Riau/san)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Satlantas Polres Meranti Tertibkan Pengendara Tak Pakai Masker

Selasa, 07 September 2021 | 23:29:16 WIB

Nakes di Kepulauan Meranti Mulai Vaksinasi Booster

Selasa, 17 Agustus 2021 | 21:16:09 WIB

Polres Meranti Gelar Vaksinasi Dosis Kedua

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 11:44:38 WIB

Di Meranti, Langgar Prokes Didenda Hingga Rp500 Ribu

Ahad, 25 April 2021 | 21:36:15 WIB