Kamis, 8 Zulqaidah 1442 H | 17 Juni 2021

ROKAN HULU - Dinilai sangat potensial untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sektor Infustri Kecil Menengah (IKM), Bupati Rokan Hulu (Rohul), Riau, Drs Achmad MSi, merencanakan target pembangunan obyek wisata hapansan, Desa Rambah Tengah Hulu (RTH)-Pawan, Kecamatan Rambah sebagai salah satu sektor informal bagi masyarakat kecil.  

Pernyataan itu disampaikan Bupati Achmad saat berkunjung di obyek wisata Hapanasan, Ahad (9/8) di dampingi Setdakab Rohul, Ir Damri Harun MM, serta Kepala Satuan Kerja (Satker), seperti Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Drs Zulkarnain MM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwista (Budpar) Dra Yurikawati, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Drs M Rivai MSi, Kabag, Kasi dan lainnnya.   

Dalam kesempatan itu, Bupati Rohul mengunjungi stand penjaja makanan kecil satu-persatu, kemudian menanyakan penghasilan dan keluhan dari pedagang-pedagang tersebut, terkait dampaknya bagi mereka sejak adanya program sadar wisata diterapkan Pemkab Rohul.  


Usai berdialog dengan para pedagang tersebut Bupati mengunjungi tempat penangkaran kupu-kupu, sebab potensi ini akan mendukung tempat obyek wisata Hapanasan dan direncanakan kedepan akan dikembangkan, sebab untuk di Wilayah Pulau Sumatera, baru di Rohul ada penangkaran habitat kupu-kupu dengan tiga jenisnya dan termasuk langka didunia.   

Saat mengunjungi penangkaran kupu-kupu tersebut, Kabudpar Rohul memberikan penjalesan pada Bupati Rohul kalau sentara kupu-kupu termasuk hewan paling langka di dunia, kemudian menjelaskan kalau Rohul punya tiga jenis kupu-kupu termasuk spesias dilindungi.   


Selanjutnya Achmad, memasuki gedung kupu-kupu dan melihat satu-persat spesies ini sudah dalam keadaan diawetkan dalam kotak, terdapat beragam jenis dan aneka warna kupu-kupu, terlihat indah sekali jika melihat belang-belang dan warna dari spesies tersebut, setelah itu baru dilanjutkannya melihat penangkaran  kupu-kupu yang sudah ditanam bunga-bunga kesukaan speseias tersebut.   

Setalah itu, Bupati Rohul menuju pentas hiburan obyek Wisata Air Panas, di tempat tersebut ia menyempatkan diri melantunkan tiga buah lagu.   

Selesai menghibur pengunjung, Bupati Rohul di dampingi pejabatnya lalu singgah di salah satu kedai masih disekitar obyek wisata tersebut, tanpa ada rasa canggung dan malu merekapun menyantap hidangan dengan berbagai macam menu, seperti sup buntut sapi, sup tulang, ikan goreng, ayam goreng dan beragam menu lainnya.   

Pada kesempatan itu, Bupati  Achmad bersama Sekda Rohul menyempatkan diri menunaikan ibadah shalat di Mushalla obyek wisata.   Habis shalat Dzuhur, para pejabat-pajabat Rohul inipun convoy bersama-sama meneruskan perjalanan mengungjungi obyek wisata Alam lainnya Bendungan Cibogas. (MC Riau/hr)

Video

Gubernur Riau Terima Bantuan Untuk PON XX Papua 2021

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Launching Penerapan Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Riau

Berita Terkait

SK Pj Bupati Rohul Masih Diproses di Kemendagri

Senin, 17 Mei 2021 | 14:38:17 WIB

Pemprov Riau Usulkan Pj Bupati Rohul ke Kemendagri

Selasa, 27 April 2021 | 15:05:40 WIB

Rohul Mulai Terapkan PPKM

Jumat, 23 April 2021 | 16:46:17 WIB

Gubernur Riau Tinjau Pelaksanaan PSU di Rohul

Rabu, 21 April 2021 | 14:18:55 WIB

Wagubri Bersama Forkompimda Tinjau TPS di Rokan Hulu

Rabu, 09 Desember 2020 | 11:39:51 WIB

Venue Paralayang Miliki Potensi Wisata

Kamis, 12 November 2020 | 21:33:29 WIB

Gubri Ajak Masyarakat Prioritaskan Tanaman Pangan

Kamis, 12 November 2020 | 21:25:56 WIB