Senin, 13 Zulqaidah 1445 H | 20 Mei 2024

PELALAWAN - Kantor Arsip dan Pustaka Kabupaten Pelalawan, Riau, akan fokus pada penataan arsip di tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di daerah ini, hal itu karena arsip telah menjadi dokumen yang penting dan menjadi bagian dari program pembangunan.

"Namun sayangnya, sampai saat ini masih banyak Kepala SKPD yang memandang sebelah mata untuk soal kearsipan ini," kata Kepala Kantor Arsip Pelalawan, Tengku Ubaidillah, saat memberikan sambutan dalam pelaksanaan pembukaan acara Sosialisasi Pendataan Dan Penataan Dokumen/Arsip Bagi SKPD di Kabupaten Pelalawan, Selasa (11/3) di Grand Hotel Pangkalan Kerinci.

Ia mengatakan, Bimtek Kerasipan sudah dimulai sejak dua tahun lalu, begitu juga dengan sejumlah SKPD yang ada di daerah ini, telah diberikan pemahaman mengenai pentingnya suatu arsip.

"Namun sejauh ini, belum ada dinas atau instansi di daerah ini yang benar-benar menyadari pentingnya arsip atau dokumen. Padahal arsip merupakan suatu bukti dari keseluruhan kegiatan yang ada pada sebuah birokrasi," katanya.

Karena itu, sambungnya, pasca sosialisasi yang akan digelar selama tiga hari ini, pihaknya akan langsung terjun ke lapangan dengan melakukan penataan arsip pada 3 SKPD di daerah ini.

"Jadi 3 SKPD itu akan menjadi pilot project kami di tahun ini, dan kami akan terjun langsung untuk menatanya. Diharapkan tahun depan akan bertambah banyak SKPD yang kita lakukan penataan kearsipannya," kata dia.

Sementara itu, Bupati Pelalawan M Harris yang diwakili Sekda Pelalawan Drs Tengku Mukhlis M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang ditaja oleh Kantor Arsip Dan Pustaka Kabupaten Pelalawan ini.

Pasalnya, sosialisasi ini merupakan langkah Pemkab Pelalawan melalui Kantor Arsip dan Pustaka Pelalawan untuk melaksanakan pendataan, penataan sekaligus penjemputan arsip statis dan dinamis yang jangka retensinya lebih dari 10 tahun.

" Karena itu, kami begitu apresiatif atas keinginan Kantor Arsip dan Pustaka Pelalawan yang akan melakukan penataan arsip untuk 3 SKPD sebagai pilot project, pasca kegiatan ini. Kita harapkan tahun depan, Kantor Arsip dan Pustaka akan mampu melakukan penataan arsip ke semua SKPD yang ada di daerah ini," kata mantan Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Pelalawan ini.

Ia menambahkan, karena itu pihaknya mengharapkan agar para peserta yang merupakan perwakilan SKPD dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama.

"Sehingga pasca kegiatan ini, mereka dapat melakukan penataan serta pendataan dokumen dan arsip di instansinya masing-masing," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan itu Bupati Pelalawan HM Harris diwakili Sekda Pelalawan Drs Tengku Mukhlis MSi, Kakan Arsip dan Pustaka Pelalawan HT Ubaidillah, para pemateri yakni dari Badan Arsip Provinsi Dra Hj Minang Puji Astuti, Direktur Pengolahan Arsip Pusat Drs Azmi M.Si, serta 110 peserta yang berasal dari Kecamatan dan SKPD yang ada di daerah ini. (MC Riau/lin)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KPU Pelalawan Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 22:31:24 WIB

Rumah Dinas Kadis di Pelalawan Jadi Posko Banjir

Senin, 15 Januari 2024 | 07:52:41 WIB

Ngungsi di Posko Banjir, Warga: Kami Sangat Diperhatikan

Ahad, 14 Januari 2024 | 20:25:59 WIB