Ahad, 18 Rabiul Awwal 1443 H | 24 Oktober 2021

 

RENGAT - Keberadaan Bandara Japura kabupaten Indragiri Hulu tampaknya mulai menjadi sorotan bagi perusahaan penerbangan untuk berinvestasi membuka trayek penerbangan dari Japura, dimana untuk sementara ini Japura menuju Batam dan sebaliknya.

Awal sudah dibuka oleh Susi Air untuk rute penerbangan tersebut. Kali ini, salah satu maskapai penerbangan nasional, Lion Air juga berminat membuka rute baru mereka dari Japura-Batam dengan menggunakan anak perusahaan, Wings Air.

Dalam pertemuan yang digelar minggu (4/3/2018) di ruangan VIP Room Bandara Japura Rengat yang difasilitasi Bandara Japura di Infut berbagai keinginan masyarakat terkait rute yang akan dibuka oleh Bandara Japura.

Hadir dalam pertemuan tersebut Bupati  Inhu H. Yopi Arianto yang diwakili oleh Kadis Perhubungan Inhu Drs. Erpandi, Ketua DPRD Inhu yang diwakili oleh Sekretaris Komisi lV DPRD Inhu Marlius SPdi, Camat Lirik Suhadi, Kepada Bandara Capt Moch Kurniawan, Kabag Tapem H. Sahruddin serta undangan lainnya.

Kepala Bandara Japura Capt Moch Kurniawan mengatakan bahwa Kehadiran pihak maskapai dan Dirjen Perhubungan Udara guna melakukan Route Evaluation terhadap kesiapan Bandara.

Berdasarkan dari hasil Evaluation tersebut dinyatakan bahwa Bandara Japura layak dan memenuhi syarat untuk penerbangan komersial,” terangnya.

Untuk penerbangan perdana akan dilakukan pada sebulan kedepan dengan tujuan Batam, namun demikian tidak menutup kemungkinan juga akan dibuka jurusan lain seperti Jakarta dan Medan sesuai keinginan masyarakat.

Dukungan tersebut juga disampaikan oleh Sekretaris Komisi lV DPRD Inhu Marlius SPdi, dirinya mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh fihak Badara Japura ini merupakan. Sebuah terobosan positif yang wajib didukung oleh semua fihak.

“Dirinya berharap Pemda Inhu melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Inhu untuk lebih proaktif dalam memfasilitasi antara fihak Bandara dengan Maskapai Penerbangan yang akan membuka rute penerbangan di Bandara Japura,” harapnya.

Sementara itu Direktur Operasi PT. Wing Abadi Air Capt Redi Irawan mengatakan bahwa fihaknya akan mengevaluasi kembali rute-rute penerbangan yang selama ini telah kita lakukan.

“Hasil pertemuan tadi akan menjadi pertimbangan kita untuk mengevaluasi kemlbali rute penerbangan kita sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” singkatnya.

Mewakili Pemda Inhu Kadishub Inhu mengatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Inhu sangat mendukung dan apresiasi terhadap adanya rencana dari maskapai penerbangan Wings Air untuk membuka rute Japura – Batam ini.

“Ini merupakan sebuah terobosan positif dan layak untuk didukung oleh semua pihak, terlebih lagi ini akan dilakukan setiap hari,” singkatnya. (MC Riau/ana)

Info Lainnya

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pelepasan Merdeka Ekspor Komoditi Pertanian oleh Presiden RI secara

Orangutan Muncul di Perkebunan Warga Aur Cina Inhu

Sabtu, 03 Juli 2021 | 13:55:00 WIB

Mendagri Terbitkan SK Pengesahan Kepala Daerah Inhu

Jumat, 02 Juli 2021 | 09:10:31 WIB