Senin, 13 Zulqaidah 1445 H | 20 Mei 2024

PELALAWAN - Tidak hanya program Pelalawan Terang, sehat, cerdas dan lancar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan, Riau, melalui Dinas Kesejahteraan Sosial (Diskessos) juga merencanakan program "Pelalawan Peduli" yang akan dimulai pada 2015 untuk memberikan pelayanan sosial kemanusiaan yang maksimal kepada masyarakat miskin dan korban bencana.

Informasi ini dibeberkan Kepala Diskessos Pelalawan Drs Fakhrizal MSi, Minggu (16/3) di Pangkalan Kerinci. Ia mengatakan, program ini juga telah sejalan dengan Program Bupati Pelalawan M Harris seperti program Pelalawan Terang, Pelalawan Sehat, Pelalawan Cerdas dan Pelalawan Lancar.

Dijelaskan Mantan Kepala KPPT ini, program tersebut akan mulai diterapkan pada tahun 2015 mendatang, dengan menggunakan anggaran daerah yang akan diusulkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pelalawan 2015.

"Nantinya, dalam program "Pelalawan Peduli" ini, kami akan memberikan bantuan lengkap selain paket sembako kepada masyarakat miskin korban bencana seperti bantuan makanan siap saji, pakain gratis, masker dan bantuan sosial kemanusiaan lainnya sesuai dengan kemampuan keuangan daerah," katanya.

Tidak hanya itu saja, sambung Kadiskessos, dalam program Pelalawan Peduli tersebut, pihaknya juga akan mengusulkan operasional mobil (ambulance) jenazah gratis untuk memberikan bantuan bagi warga yang tidak mampu baik korban akibat bencana maupun korban non bencana. Selain itu, juga ada mobil operasional penyandang kesejahteraan sosial (PMKS) bagi masyarakat yang tidak mampu.

"Jadi nantinya, masyarakat miskin baik korban bencana maupun warga yang tidak mampu, akan benar-benar kita berikan bantuan sosial kemanusiaan selain sandang pangan, juga bantuan kemanusian lainnya berupa jasa pelayanan operasional mobil ambulan jenazah gratis dan PMKS. Dan dengan adanya program Pelalawan Peduli ini, maka harapan kami dapat mengurangi kesedihan dan memberikan kegembiraan bagi masyarakat miskin khusunya korban bencana," tandasnya.

Ditambahkannya, bahwa saat ini Diskessos Pelalawan memiliki lima program strategis yakni pengauatan database penyandang kesejahteraan sosial (PMKS) dan Potensi sumber kesejahteraan sosial (PSKS).
Kemudian, kaat dia lagi, pengembangan sumber daya aparatur dan relawan sosial, peningkatan sarana dan prasarana penunjang pelayanan sosial, penguatan koordinasi antar SKPD terkait pelayanan sosial dan peningkatan rasa kepedulian dan kesetiakawanan sosial antar sesama warga masyarakat.

"Semua program strategis ini merupakan komitmen Diskessos untuk memberikan pelayanan sosial kemanusiaan yang maksimal kepada masyarakat miskin atau tidak mampu khususnya korban bencana dikabupaten Pelalawan," pungkasnya. (MC Riau/lin)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KPU Pelalawan Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 22:31:24 WIB

Rumah Dinas Kadis di Pelalawan Jadi Posko Banjir

Senin, 15 Januari 2024 | 07:52:41 WIB

Ngungsi di Posko Banjir, Warga: Kami Sangat Diperhatikan

Ahad, 14 Januari 2024 | 20:25:59 WIB