Rabu, 7 Jumadil Akhir 1442 H | 20 Januari 2021

TELUK KUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Sukarmis menilai Program Padat Karya yang dilaksanakan setiap tahun di tengah masyarakat merupakan upaya untuk mempercepat pembangunan yang dilaksanakan di kawasan pedesaan.

"Program padat karya diisi dengan kegiatan pembangunan infrastruktur di masyarakat yang diperoleh berdasarkan aspirasi dari masyarakat di desa. Program ini sangat berdampak bagus untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di desa," kata Sukarmis saat menyampaikan sambutan pada pencanangan kegiatan padat karya di Desa Sukaping, Kecamatan Pangean, Rabu (19/3).

Kehadiran orang nomor satu di Kuantan Singingi ini disambut Camat Pangean, Novrion SSos, kepala desa beserta anggota dan para kepala sekolah se-Pangean. Kegiatan ini juga dihadiri ratusan masyarakat yang memadati Desa Sukaping Pangean.

Sukarmis mengatakan, kegiatan padat karya yang diprogramkan oleh Pemerintah Kabupaten Kuansing sejak tujuh tahun silam merupakan upaya untuk kembali membudayakan gotong royong di tengah kehidupan bermasyarakat.

"Setiap tahun kita melaksanakan kegiatan padat karya, diharapkan melalui kegiatan ini, semangat gotong royong di tengah masyarakat tak pernah luntur, dan masyarakat juga terangsang untuk bergotong royong," ujar Sukarmis.

Diharapkan bupati, melalui kegiatan padat karya di Desa Sukaping Pangean ini hendaknya mampu menumbuhkan semangat gotong royong dalam rangka peningkatan peluasan kesempatan kerja di tengah masyarakat.

Disamping itu, kata dia lagi, kegiatan semacam ini juga merupakan upaya Pemkab Kuansing untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di pedesaan, dan juga untuk meretas suatu daerah ke daerah lain.

Pelaksanaan kegiatan padat karya yang dipusatkan di Desa Sukaping Pangean ini, kata dia, difokuskan pada perbaikan Jembatan Dubalang Batu yang panjangnya mencapai 175 meter.

"Diharapkan, jembatan yang diperbaiki ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian," kata dia.

Ditambahkan bupati, tidak semua desa di Kuansing mendapatkan program padat karya.

"Tahun ini saja, hanya tiga desa yang memperoleh program ini. Dan di Sukaping Pangean merupakan tempat pertama dilaksanakannya kegiatan ini," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dissosnaker) Kuansing, Muharlius menambahkan, melalui program padat karya ini diharapkan partisipasi masyarakat untuk membangun desa ini tercipta.
Selain itu, kata dia, juga bertujuan guna memberdayakan potensi pengangguran yang ada di pedesaan, meningkatkan perekonomian masyarakat dan kesenjangan ekonomi antar daerah yang bertetangga. (MC Riau/us)

Video

Penyuntikan Vaksinasi Covid-19 Di Provinsi Riau

Wakil Gubernur Riau Pimpin Rakor Bahas Rencana Vaksin Covid-19 dan Pengetatan Prokes

Wakil Gubernur Riau Hadiri Rapat Penanganan Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi

Berita Terkait

BBKSDA Riau Evakuasi Anakan Beruang Madu di Kuansing

Jumat, 18 Desember 2020 | 17:29:58 WIB

Memakai Masker Juga Pahlawan

Selasa, 10 November 2020 | 23:29:18 WIB

Di Tengah Pandemi, Petani Kuansing Penen Raya Padi

Rabu, 21 Oktober 2020 | 11:24:04 WIB

Lagi Bekerja di PETI, Pelajar Tewas Tertimbun Pasir

Senin, 28 September 2020 | 12:01:33 WIB

RSUD Teluk Kuantan Masih Rawat 5 Pasien Covid-19

Kamis, 09 Juli 2020 | 13:11:57 WIB

Seorang Warga di Kuansing Positif Covid-19

Selasa, 07 Juli 2020 | 18:20:31 WIB

Satu Keluarga di Kuansing  Positif Covid-19 

Jumat, 03 Juli 2020 | 19:35:00 WIB

Hasil Rapid Test Sekdakab Kuansing Nonreaktif

Jumat, 03 Juli 2020 | 18:41:38 WIB