Selasa, 21 Safar 1443 H | 28 September 2021

RENGAT - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di 14 kecamatan yang ada dalam wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, tuntas dilaksanakan, sebelumnya pembukaan perdana MTQ ini di awali di Kecamatan Batang Peranap dan Kecamatan Rakit Kulim pada 26 Februari dan berakhir di Kecamatan Rengat pada Minggu(23/3).         

“Masing-masing pemenang MTQ di setiap kecamatan, berhak mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Inhu yang akan dilaksanakan sekitar bulan bulan November mendatang,” ujar Kabag Kesra R Asmalia S.Sos melalui Kasubag Agama Drs Ahmad Jalil, Senin (24/3).

Menurutnya, pada setiap MTQ di tingkat kecamatan melombakan sedikitnya 6 cabang diantaranya, tartil dasar, tilawah, sarhil, fahmil, qira’at dan cacat netral (cane). Dari 6 cabang yang dilombakan itu, kembali dilombakan ditingkat kabupaten.

Hanya saja, untuk tingkat kabupaten juga akan memperlombakan cabang kaligrafi yang terbagi tiga yakni dekorasi, naskah dan musahap. Selain itu juga, akan melombakan untuk cabang tafsir yang juga terbagi tiga diantaranya tafsir bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Tidak itu saja, pada MTQ tingkat kabupaten juga akan melombakan hafiz untuk 1 juz, 5 juz dan 10 hingga 20 juz. “Biasanya untuk tiga cabang ini sangat minim pesertanya, namun demikian tetap akan dibuka. Karena, untuk MTQ tingkat provinsi tiga cabang tersebut akan dilombakan,” ungkapnya.

Masih katanya, mengacu kepada rencana pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten, ada ada sekitar satu bulan sebagai persiapan untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Inhil pada bulan Desember mendatang. Namun demikian, persiapan lebih matang itu berada pada tingkat kecamatan jelang pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten yang masih tersisa waktu sekitar 9 bulan kedepan.

Persiapan yang lebih diharapkan kepada masing-masing LPTQ tingkat kecamatan yakni untuk cabang tafsir dan hafiz. “Peserta untuk dua cabang, yakni tafsir dan hafiz masih minim di Kabupaten Inhu,” terangnya. (MC Riau/ana)

Video

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita Terkait

Orangutan Muncul di Perkebunan Warga Aur Cina Inhu

Sabtu, 03 Juli 2021 | 13:55:00 WIB

Mendagri Terbitkan SK Pengesahan Kepala Daerah Inhu

Jumat, 02 Juli 2021 | 09:10:31 WIB