Ahad, 16 Zulhijjah 1442 H | 25 Juli 2021

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai, Riau, membentuk tim terpadu yang akan melakukan uji kelayakan dan pemeriksa dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) PT Pertamina RU II.

Ketua Komisi I DPRD Dumai, Timo Kipda menyatakan, pembentukan tim ini dalam rangka menindaklanjuti jawaban Pertamina yang menolak tuntutan masyarakat sekitar operasional kilang minta relokasi pemukiman.

"Tim ini nanti akan menguji dan mendalami sejumlah alasan yang disampaikan Pertamina dalam jawaban atas permintaan relokasi pemukiman warga sekitar operasional kilang, ϑάπ tim ini diketuai Sekda," kata Timo, Rabu kepada pers di Dumai.

Dia melanjutkan, tim bentukan ini juga akan menguji kelayakan atas tuntutan masyarakat dua kelurahan minta dipindahkan pemukiman dari kilang minyak Putri Tujuh Pertamina Dumai.

Menurutnya, tim akan mengkaji dan menelusuri kebenaran dari alasan Pertamina RU II yang menyatakan bahwa jarak lokasi kilang dengan perumahan warga berada pada posisi aman.

Alasan perusahaan ini terang saja tidak dapat diterima oleh warga setempat, karena sejauh ini terus mengalami keresahan dan kecemasan dengan insiden ledakan di kilang yang terjadi hampir setiap tahun.

"Sehingga untuk menengahi pertentangan ini harus dilakukan dengan melakukan uji kelayakan lokasi kilang yang berdekatan dengan pemukiman warga," terang Timo.

Uji kelayakan juga akan dilakukan dengan memeriksa Amdal, kondisi peralatan kilang, mengukur kebisingan dan uji kualitas udara di sekitar areal kilang. (MC Riau/ar)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB

Kapolda dan Gubernur Riau Tinjau Posko PPKM di Dumai

Selasa, 15 Juni 2021 | 10:18:28 WIB