Ahad, 6 Syawwal 1445 H | 14 April 2024

PELALAWAN - Sebanyak 350 pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Pelalawan, Riau, yang mewakili 12 kecamatan di daerah ini, pada Rabu (26/3) hingga Jumat (28/3) akan berlaga dalam Olympiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD se Kabupaten Pelalawan.

Dalam laga yang mempertandingkan sembilan cabang olahraga ini, Bupati Pelalawan M Harris diwakili Staff Ahli Amiruddin Muslim berkenan membuka kegiatan tersebut yang di pusatkan di lapangan sepakbola Pangkalan Kerinci, Rabu (26/3).

Dalam sambutan, M Harris yang disampaikan Amiruddin Muslim mengatakan, dalam rangka memajukan pendidikan di daerah ini, Pemkab Pelalawan sudah memprogramkan terwujudnya "Pelalawan Cerdas", "Pelalawan Sehat" dan "Pelalawan Terang".

"Langkah-langkah guna mewujudkan Pelalawan Cerdas setahun yang lalu itu, diimplementasikan dalam pendidikan gratis. Jadi dengan adanya pendidikan gratis, maka tidak ada alasan lagi bagi orangtua wali murid yang tidak dapat menyekolahkan anaknya disebabkan tidak adanya biaya sekolah," ujarnya.

Jika pada tahun pertama dicanangkannya pendidikan gratis ini terdapat kendala dan hambatan, sambungnya, maka diharapkan dalam tahun kedua diberlakukannya pendidikan gratis ini, hambatan dan kendala yang ada dapat diatasi.

Karena itu, kata dia, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka mengembangkan bakat, minat siswa dalam bidang olahraga serta mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat daerah, nasiona maupun internasional sejak usia sekolah.

Selain itu, kata dia lagi, kegiatan ini juga dapat menghidupkan olahraga di daerah ini, serta dalam rangka mencari bibit-bibit ungggul terbaik di bidang olahraga, sehingga mampu mengharumkan nama baik kabupaten Pelalawan di tingkat provinsi dan nasional dalam bidang olahraga.

"Untuk itu, kita berharap  kegiatan O2SN ini dapat dilaksanakan dengan penuh keseriusan, kejujuran dan sportifitas. Karena dalam pertandingan tidak semuanya jadi pemenang atau juara, namun yang terpenting tunjukkan kemampuan dan prestasi dengan baik dan bertandinglah penuh semangat, jujur dan harus menjujung tinggi sportifitas," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Mahnizar MPd mengatakan, bahwa kegiatan O2SN ini merupakan tindaklanjut kegiatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk menghidupkan kegiatan olah raga di suatu daerah dalam mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang olahraga. Kegiatan ini juga dalam rangka mencari bibit unggul terbaik di bidang olahraga yang akan mengikuti O2SN SD tingkat Propinsi Riau dan O2SN SD tingkat Nasional.

"Kegiatan tahunan ini diharapkan dapat menjadi ajang pembinaan olahraga disetiap sekolah dan di setiap kecamatan, melalui kegiatan ini akan melahirkan atlit atlit yang dapat menjadi juara di tingkat Kabupaten bahkan Propinsi maupun tingkat nasional," tandasnya.

Dalam kegiatan O2SN kali ini, sambungnya, para peserta yang berjumlah 350 atlit akan bertanding merebut prestasi dalam sembilan cabang olahraga di iven tahunan yang ditaja Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan.

Sedangkan sembilan cabang olahraga tersebut diantaranya atletik untuk putra/putri, senam artistik putra dan senam ritmik putri, renang untuk putra/putri, tenis meja untuk putra/putri, bulutangkis untuk putra/putri, pencak silat untuk putra/putri, catur untuk putra/putri, karate untuk putra/putri dan Volly mini untuk putri.

"Kami berharap ke depannya ada kerjasama antara pihak sekolah, Dinas Pendidikan dan pengurus KONI, agar siswa siswa yang memiliki minat dan bakat serta berprestasi di bidang olahraga mendapat pembinaan dari KONI Kabupaten Pelalawan," pungkasnya.

Acara pembukaan O2SN SD tingkat kabupaten Pelalawan ini ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Bupati Pelalawan yang diwakili staff ahli Amiruddin Muslim disaksikan oleh Kadisdik Pelalawan MD Rizal serta jajaran Dinas Pendidikan lainnya. Para hadirin juga dihibur dengan penampilan dari SDN 006 Pangkalan Kerinci yang menyuguhkan atraksi yang menarik. (MC Riau/lin)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KPU Pelalawan Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 22:31:24 WIB

Rumah Dinas Kadis di Pelalawan Jadi Posko Banjir

Senin, 15 Januari 2024 | 07:52:41 WIB

Ngungsi di Posko Banjir, Warga: Kami Sangat Diperhatikan

Ahad, 14 Januari 2024 | 20:25:59 WIB