Ahad, 6 Syawwal 1445 H | 14 April 2024

PELALAWAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan menyerahkan laporan keuangan negara tahun anggaran 2013 kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Riau, Kamis (27/3) di Pekanbaru.

Penyerahan laporan keuangan tersebut langsung dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekdakab) Pelalawan Drs  Tengku Mukhlis M.Si yang diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Riau Widiatmantoro.

Informasi ini dibeberkan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan Setdakab Pelalawan Hanafie S.Sos, Kamis (27/3).
"Sedangkan laporan keuangan tersebut meliputi laporan arus kas, laporan realisasi anggaran, laporan neraca dan catatan atas laporan keuangan Pemkab Pelalawan," ujarnya.

Menurut Hanafie, bahwa penyerahan laporan keuangan Pemkab ini paling lambat pada 31 Maret.

"Namun, kita dari Pemkab Pelalawan telah menyerahkan laporan keuangan tahun 2013 pada hari Kamis (27/3) ini. Hal ini kita lakukan sebagai bukti, bahwa Pemerintah Kabupaten Pelalawan sangat serius dalam mengelola keuangan negara untuk membangun daerah Pelalawan demi kesejahteraan masyarakat yang lebih meningkat," katanya.

Kemudian, kata dia lagi, Pemkab Pelalawan terus melakukan peningkatan kualitas terhadap laporan keuangan, penatausahaan keuangan dan pertanggungjawaban keuangann.

Selain itu, katanya, Pemkab Pelalawan juga mendukung audit keuangan yang dilakukan BPK Perwakilan Riau terkait transparansi pemakaian keuangan negara.

Dijelaskan Mantan Camat Pangkalan Lesung ini, bahwa laporan pengelolaan keuangan negara ini merupakan hasil kinerja Pemerintah Kabupaten Pelalawan pada tahun anggaran 2013.

Kemudian, katanya lagi, nantinya BPK akan melakukan audit langsung atas pengelolaan keuangan negara tersebut. Dan nantinya, hasil audit inilah yang akan dilaporkan sebagai Laporan Penyelenggaran Pemerintah Daerah (LPPD).

"Kami tetap akan berupaya untuk maksimal dalam melaksanakan yang terbaik terhadap pengelolaan keungan negara. Sehingga Pelalawan benar-benar mampu menjalankan roda pemerintah sesuai harapan. Pak Bupati sudah mengamanatkan, agar semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menyiapkan laporan pertanggung jawaban penggunaan anggaran tahun 2013," tandasnya.

Disinggung terkait penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun silam, mantan Kabag Program Pembangunan (Propem) Setdakab Pelalawan ini mengungkapkan, bahwa Bupati Pelalawan M Harris telah menargetkan agar prestasi tersebut bisa dipertahankan.

"Insya Allah predikat WTP bisa kami pertahankan. Makanya Pak Bupati meminta semua SKPD untuk menyiapkan administrasi laporan keuangan sebaik-baiknya," paparnya.

Namun demikian, sambung Hanafie, dirinya belum dapat memastikan kapan BPK akan turun ke Pemkab Pelalawan untuk melakukan audit terhadap penggunaan anggaran tahun 2013. Dan masalah opini yang akan didapat Pemkab Pelalawan untuk Tahun 2013, Kabag Keuangan Setdakab Pelalawan ini hanya meminta untuk menunggu usai pemeriksaan oleh BPK.

"Untuk opini yang akan dikeluarkan BPK, kita menunggu hasil pemeriksaan laporan keuangan tahun 2013 kemarin. Yang jelas kita sudah menyiapkan laporan keuangan tahun 2013 yang lalu," pungkasnya. (MC Riau/lin)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KPU Pelalawan Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 22:31:24 WIB

Rumah Dinas Kadis di Pelalawan Jadi Posko Banjir

Senin, 15 Januari 2024 | 07:52:41 WIB

Ngungsi di Posko Banjir, Warga: Kami Sangat Diperhatikan

Ahad, 14 Januari 2024 | 20:25:59 WIB