Ahad, 6 Syawwal 1445 H | 14 April 2024

PELALAWAN - Setelah sukses melakukan pengkukuran ulang terhadap Hak Guna Usaha (HGU) 17 perusahaan pada 2013 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan, Riau, melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) setempat kembali mengagendakan untuk melakukan pengukuran ulang HGU terhadap 15 perusahaan yang beroperasi di daerah ini.

"Untuk itu, saat ini Dishutbun Pelalawan tengah mengumpulkan peta lokasi lahan HGU dari 15 perusahaan yang akan direncanakan diukur lahannya tersebut," kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Pelalawan Ir Hambali melalui Kabid Planologi Hutan dan Kebun, Budi Surlani SHut, Rabu (2/4) di Pangkalan Kerinci.

15 perusahaan yang dimaksud, diantaranya adalah PT LIH, PT Bratasena, PT Adei, PT Inti Indo Sawit dan sejumlah perusahaan lainnya, dengan anggaran sebesar Rp400 juta.

"Dan pengukuran ulah HGU ini dilakukan dengan menggunakan dengan pengukuran sistem JPS. Sedangkan pada tahun 2013 lalu, kami juga telah menurunkan Tim untuk melakukan pengukuran ulang terhadap HGU 17 Perusahaan seperti PT RGMS, PT SLS, PT Pusaka Muda, PT Musi Mas dan perusaaan lainnya. Dan dalam pengukuran lahan diareal 17 perusahaan tahun lalu dengan mengunakan pengukuran sistem JPS di lapangan, Tim telah menghabiskan dana sebesar Rp 300 juta dari jumlah dana dialokasikan di APBD pos Dishutbun Pelalawan tahun lalu itu,"  ujar Budi.

Ia mengatakan, saat ini hasil pengukuran ulang dari lahan HGU 17 perusahaan tersebut sedang dikaji oleh pihak konsultan yang ditunjuk oleh Dishutbun Pelalawan.

Dijelaskan Budi, pengukuran ulang atas izin HGU perusahaan ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya konflik penyerobotan lahan antara masyarakat dengan perusahaan pemegang Hak Guna Usaha (HGU) di Pelalawan.

Untuk itu, katanya lagi, maka pengukuran izin ulang atas HGU terhadap 15 perusahaan ini dilakukan. "Memang sejak dulu sampai sekarang, kami banyak menemukan adanya laporan dari masyarakat terkait masalah sengketa lahan dengan perusahaan. Dan terjadinya konflik ini, rata-rata kasusnya masing-masing pihak baik masyarakat dan pihak perusahaan saling mengklaim kalau lahan yang mereka perebutkan itu milik mereka. Untuk itu, maka pengukuran izin ulang atas HGU terhadap 15 perusahaan ini kita lakukan," tegasnya.

Diungkapkan Budi, saat ini tim pengukur lahan pada 15 perusahaan tahun ini belum dibentuk, karena pihaknya masih ada kesibukan kegiatan lain yakni melakukan pengukuran lahan teknopolitan.

Namun demikian, kata dia, setelah pengukuran lahan Teknopolitan ini tuntas, maka pihaknya akan langsung membentuk tim pengukuran ulang HGU terhadap 15 perusahaan ini.

"Paling lambat pada pertengan April yakni antara 15 hingga 20 April mendatang," tandasnya.

Disinggung terkait siapa saja yang dilibatkan dalam tim pengukuran lahan HGU perusahaan pada tahun lalu dan tahun 2014 ini, Budi mengatakan, personelnya hanya para petugas Dishutbun Pelalawan saja.

"Memang pada tahun 2013 lalu, kami sudah surati pihak BPN minta bantuannya ikut dalam tim untuk mengukur lahan HGU 17 perusahaan itu. Dan pada saat itu, tim dari BPN Pelalawan bersedia ikut. Namun tahun ini, BPN Pelalawan tidak dapat ikut bersama tim karena tengah mengalami kesibukan internal lain," katanya.

Jadi pada tahun ini, lanjut kata dia, hanya ada tim dari Dishutbun Pelalawan saja yang melakukan pengukuran ulang izin lahan HGU terhadap 15 perusahaan tersebut.
       
Sementara itu, Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan Setdakab Pelalawan Drs Atmonadi MSi mengatakan, pihak Dishutbun dalam melakukan pengukuran lahan setiap perusahaan diminta transparan, dengan melibatkan instansi terkait dan megumumkan hasilnya pada publik.

"Dengan demikian, maka hasil kegiatan pengukuran ulang pada setiap perusahaan di daerah ini, dapat menghasilkan hasil yang jelas bagi masyarakat," pungkasnya. (MC Riau/Iin)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KPU Pelalawan Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 22:31:24 WIB

Rumah Dinas Kadis di Pelalawan Jadi Posko Banjir

Senin, 15 Januari 2024 | 07:52:41 WIB

Ngungsi di Posko Banjir, Warga: Kami Sangat Diperhatikan

Ahad, 14 Januari 2024 | 20:25:59 WIB