Sabtu, 20 Rabiul Akhir 1442 H | 05 Desember 2020

DUMAI - Sebanyak 39 pemerintahan kota memastikan diri hadir ke kota Dumai, Riau dalam rangka pelaksanaan rapat kerja nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) pada Mei depan.

Ketua Panitia Rakernas Pemkot Dumai, Riki Dwi Roro menyatakan, kepersertaan pemerintah kota dalam Rakernas Apeksi ini keseluruhan berjumlah 98 kota, namun yang telah mengkonfirmasi ke pihak panitia baru 52, dan sejauh ini yang menyatakan hadir hanya 39 kota.

Menurutnya, mendekati hari pelaksanaan rakernas tersebut, panitia telah mempersiapkan sejumlah kebutuhan acara dan tamu undangan, demi suksesnya Dumai sebagai tuan rumah dan penyelenggaraan Rakernas Apeksi berjalan baik dan lancar.

"Sejumlah daerah sudah mengkonfirmasi akan hadir, dan kita sejauh ini telah menggesa persiapan dan akomodasi peserta dengan 762 kamar yang tersedia terdiri dari kamar hotel dan rumah warga," katanya menjawab wartawan, Kamis.

Dia menjelaskan, persediaan kamar akomodasi tamu dan peserta tersebut, terdiri dari 354 kamar hotel dan 38 unit rumah, dan 350 kamar sudah didistribusikan. Sementara 205 kamar yang diperuntukkan bagi penginapan menteri dan gubernur. Sedangkan 138 kamar lagi non AC belum didistribusikan.

Selain penginapan di hotel dan rumah-rumah penduduk, sejumlah perusahaan juga turut berpartisipasi menyediakan puluhan kamar, yaitu PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) dan PT Pertamina RU II Dumai.

"Kami masih menunggu konfirmasi kehadiran pemerintah kota lain untuk lepentingan pendataan dan penyediaan kebutuhan tamu dan undangan, dan karena itu diharapkan panitia Apeksi Pusat dapat mengkonfirmasi kepastian hadir atau tidaknya kota lain," ujarnya.

Pihak panitia juga akan Yang jelas, katanya, pihaknya merencanakan penginapan seluruh walikota di sejumlah hotel berbintang di Dumai, dan untuk setingkat Menteri dan Gubernur akan ditempatkan di penginapan PT Chevron dan Pertamina RU II," terangnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Dumai, Bambang Wardoyo mengatakan untuk pengamanan pelaksanaan Rakernas Apeksi ini sudah disiapkan secara matang dengan mengerahkan puluhan personil dan dibantu kekuatan dari aparat TNI dan Polri.

"Pengamanan Rakernas akan dilakukan sebanyak 80 personil Satpol PP ditambah 50 personil Polri, dan sejumlah aparat Kodim 0303/ Bengkalis. Kita siap menyukseskan dan mengamankan jalannya iven nasional ini," ujar Bambang. (MC Riau/ar)

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB