Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021

DUMAI - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Dumai, Riau, masih menemukan banyak atribut partai politik dan calon legislatif (caleg) terpasang di ruas jalan dalam masa tenang ini.

Ketua Panwas Dumai, Indra Effendi kepada pers, Senin (7/4) menyebutkan, alat peraga kampanye yang masih betebaran di jalanan umum tersebut telah ditertibkan dengan pencabutan yang dilakukan petugas menyisiri ruas jalan.

"Penertiban atribut kita lakukan selama 3 hari dalam masa tenang ini, dan dari penyisiran ditemukan masih banyak alat peraga kampanye betebaran dan terpasang di jalanan," kata Indra di Dumai.

Dia menjelaskan, atribut yang masih terpasang ini cukup disayangkan, karena sebelumnya Panwas telah menginformasikan agar dilakukan pembersihan saat memasuki masa tenang Pemilu.

Karena itu, Panwas bersama pihak terkait lain, seperti KPU, Polri, Kesbang Polinmas, dan Satpol PP serta Polisi Militer (PM) setempat bekerja keras membersihkan seluruh atribut yang masih terpasang tersebut.

"Kita telah berkordinasi dengan semua pihak untuk melancarkan pengawasan dan penertiban alat peraga kampanye, hasilnya tidak sepenuhnya parpol dan caleg mentaati aturan dalam masa tenang ini, dan kemungkinan besar akibat keterbatasan personil mereka di lapangan," terangnya.

Dia menjelaskan, penertiban atribut dilakukan dengan menyisiri semua ruas jalan utama, umum dan lingkungan pemukiman warga dengan mengerahkan ratusan petugas dan dua ribuan relawan dari unsur mahasiswa dan pelajar.

"Selama masa tenang ini tidak dibenarkan ada atribut terpasang di semua tempat, termasuk di jalan lingkungan warga, dan kita akan mencabut jika masih ditemukan sesuai dengan kemampuan petugas di lapangan," terangnya.

Menurutnya, respon parpol terhadap peraturan di masa tenang ini cukup baik, karena berdasarkan pengamatan pihaknya di beberapa tempat sudah dilakukan pembersihan atribut oleh pihak terkait.

"Partisipasi untuk membersihkan atribut sudah cukup baik, meski masih ada di sejumlah tempat alat peraga tidak dicabut oleh yang bersangkutan," ungkapnya.

Sementara, Ketua KPU Dumai, Darwis juga menyampaikan imbauan kepada seluruh pengurus parpol dan caleg agar menghormati masa tenang ini dengan saling menjaga diri dan tidak melakukan pelanggaran atau kegiatan mengajak pemilih.

"Kita juga turun bersama Panwas untuk menertibkan atribut kampanye, dan karena dari pantauan masih banyak alat peraga yang terpasang, kita imbau kepada seluruh pihak terkait untuk menjaga masa tenang ini dengan baik dan tidak melakukan pelanggaran," harap Darwis. (MC Riau/ar)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Pelaku Usaha Kuliner di Dumai Semakin Tumbuh

Jumat, 02 April 2021 | 17:23:31 WIB

Dua Puskesmas di Kota Dumai Diresmikan Wamenkes RI 

Rabu, 24 Maret 2021 | 15:28:05 WIB

KPK : Korupsi Terjadi karena ada Niat dan Kesempatan

Rabu, 03 Maret 2021 | 16:53:13 WIB

Dumai Pelabuhan CPO terbesar di Dunia

Selasa, 16 Februari 2021 | 21:36:21 WIB

Duyung Ditemukan Mati di Pantai Dumai

Selasa, 09 Februari 2021 | 12:57:28 WIB