Selasa, 9 Rabiul Akhir 1442 H | 24 November 2020

PEKANBARU - Dinas Pendidikan Provinsi Riau mulai mendistribusikan soal Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat dengan diawali untuk daerah yang jauh.

"Seperti Kabupaten Kepulauan Meranti, Bengkalis, dan Indragiri Hilir, karena wilayah didaerah-daerah ini ada yang memerlukan waktu lama, sehingga dengan  mulai di distribusikannya soal hari ini, kita berharap soal bisa lebih cepat sampai dan tidak akan dijumpai kendala nantinya," jelas Sekretaris Dinas Pendidikan Riau, Abdul Kadir kepada pers di Pekanbaru, Senin (7/4).

Kadir mengatakan, dalam mendistribusikan soal dan kelengkapan ujian lainnya tersebut, dikawal oleh pihak keamanan, begitu juga setibanya didaerah tujuan, soal akan terus mendapat pengawalan dari pihak keamanan, karena pemerintah tidak ingin terjadi sesuatu dari soal UN ini.

Kadir menambahkan, bahwa jumlah peserta UN SMA sederajat tahun ini untuk tingkat Provinsi Riau adalah sebanyak 72.316. Terdiri dari untuk SMA/MA berjumlah 50.899 peserta dan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 21.417 peserta.

"Jadwalnya pada tanggal 14-16 April 2014, dan untuk Ujian susulan dilaksanakan 22-24 April, untuk jadwal ujian paket kesetaraan juga di tanggal yang sama dengan UN," jelas Kadir.

Kadir menjelaskan, untuk mata ujian yang diujikan pada program IPA,IPS, Bahasa dan MA pada hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika dan hari ketiga Bahasa inggris. Sementara untuk mata ujian susulan, Program IPA, hari pertama Biologi, kedua Kimia dan ketiga Fisika.

"Sedangkan untuk jurusan IPS, hari pertama Geografi, kedua Sosiologi dan ketiga Ekonomi. Program Bahasa, hari pertama Sastra Indonesia, kedua Antropolgi dan ketiga Bahasa Asing. Dan MA program keagamaan hari pertama Hadis, kedua Fikih dan ketiga Tafsir," jelasnya.

Sementara UN SMK/MAK untuk hari pertama, Bahasa Indonesia, Kedua Matematika dan ketiga Bahasa Inggris. Bagi peserta berhalangan akan mengikuti ujian susulan dengan mata ujian yang sama tetapi paketnya berbeda.
 
"Mata ujian untuk UN dan susulan berbeda. Selain itu, untuk mata ujian UN tetap seperti UN tahun lalu, yaitu setiap siswa memiliki paket ujian yang berbeda," katanya. (MC Riau/mad)

Video

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Gubernur Corner (14 November 2020)

Berita Terkait

Dalam Catatan BPBD Riau, 3 Daerah di RiauTerpapar Banjir

Selasa, 24 November 2020 | 12:13:07 WIB

BPBD Riau: Banjir di Pelalawan Terus Dipantau

Ahad, 22 November 2020 | 18:34:21 WIB

Petugas Bandara SSK II Temukan 6.594 Butir Ekstasi

Sabtu, 21 November 2020 | 19:10:26 WIB

Pertama di Riau, Rokok Ilegal Jadi Pupuk

Rabu, 18 November 2020 | 15:09:02 WIB