Kamis, 11 Rabiul Akhir 1442 H | 26 November 2020

DUMAI - Gubernur Riau Annas Mamun menyatakan partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif 2014 di Kota Dumai kian tinggi dan diprediksi akan meningkat dibandingkan sebelumnya.

Gubernur ketika itu, Rabu (9/4) melakukan peninjauan proses pencoblosan suara di tempat pemungutan suara (TPS) 25, Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur, didampingi pejabat pimpinan daerah Propinsi Riau dan Walikota Khairul Anwar, Rabu kemarin.

Gubri bersama rombongan tiba di Dumai sekitar pukul 11.45 WIB kemarin dengan menumpangi helikopter yang mendarat di Bandara Pinang Kampai. Setiba di bandara, disambut walkot dan langsung melakukan peninjauan ke TPS dengan pengawalan ketat polisi, TNI dan Satpol PP.

"Selain memantau pelaksanaan proses pemungutan suara, kita juga ingin bersilaturahmi dengan warga Dumai," kata Anas kepada pers di Dumai.

Pemantauan Pileg ini, Gubri melihat antusias masyarakat cukup tinggi dalam berpartisipasi menyalurkan hak suara memilih wakil rakyat yang akan duduk di keanggotaan DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kota.

"Partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih cukup tinggi dibanding pemungutan suara pemilihan gubernur lalu, dan diharapkan hasil akhirnya tingkat pemilih yang mencoblos mencapai lebih 80 persen," terang Gubri yang didampingi Danrem 031 Wirabima dan Kajati Riau.

Dia juga berharap penyelenggaraan pemilu di Dumai dan Riau umumnya berlangsung tertib, aman, lancar dan kondusif serta tidak menimbulkan persoalan yang dapat menganggu jalannya proses pesta demokrasi nasional ini.

Selanjutnya, Gubri beserta rombongan akan bertolak ke Kabupaten Siak guna meninjau juga pelaksanaan pemilu legislatif, dan langsung kembali ke Kota Pekanbaru.

Sebelum ke Dumai, ia bersama keluarga menggunakan hak pilih mencoblos di Kabupaten Rokan Hilir sekaligus melakukan pemantauan ke sejumlah TPS.

Walikota Dumai Khairul Anwar juga mengapresiasi sudah tingginya kesadaran masyarakat pemilih menyalurkan hak pilihnya dalam pemilu kali ini, dan diharapkan partisipasi meningkat pesat dibanding pelaksanaan pemilu sebelumnya.

"Suara rakyat yang memilih hari ini akan menentukan masa depan daerah, dan kita berharap juga kepada calon terpilih agar kiranya dapat menyuarakan aspirasi masyarakat," harapnya. (MC Riau/ar)

Video

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB