Senin, 15 Rabiul Akhir 1442 H | 30 November 2020

DUMAI - Pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif di Kota Dumai, Riau, dinyatakan berlangsung aman, tertib dan lancar, namun panitia  Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) melakukan penghitungan suara hingga malam hari disebabkan banyak calon legislatif.

"Kami selesai menghitung perolehan surat suara hingga pukul 21.30 WIB semalam, karena banyaknya daftar calon yang harus dibacakan satu-persatu suaranya oleh panitia," kata Sisca, seorang saksi dari PPP Dumai, Kamis (10/4).

Berbeda halnya dengan Aline, saksi dari PPP lainnya mengaku kewalahan dalam proses penghitungan suara karena mesti menunggu hingga larut malam disebabkan terjadinya pengulangan menghitung kertas suara oleh panitia.

"Sampai larut malam kami harus menyelesaikan penghitungan suara karena panitia mengulangi menghitung kertas suara untuk caleg DPR RI," sebut Aline.

Dari pantauan di sejumlah TPS di daerah ini, tidak terlihat adanya hasil penghitungan yang menonjol dan mendominasi untuk salah satu caleg DPRD Kota Dumai. Namun, untuk tingkat DPR RI, suara untuk mantan Wali Kota Dumai Zulkifli As dari Partai NasDem cukup mendominasi.

Begitu pula untuk DPRD Provinsi Riau, Celeg dari PAN yang juga mantan Wakil Wali Kota Dumai Sunaryo terlihat unggul sementara dari caleg-caleg lainnya.

Pelaksanaan Pemilu Legislatif di Kota Dumai kemarin juga ditinjau langsung Gubernur Riau Annas Maamun dan ia mengaku puas dengan pelaksanaan Pileg yang dinilai berlangsung aman dan lancar.

Dia juga menilai animo masyarakat untuk ikut memilih dinilai cukup baik dan mengalami peningkatan partisipasi pemilih dibanding pemilu sebelumnya, meski belum ada data pasti persentase warga yang ikut memilih.

"Masyarakat kita sudah cerdas dalam masalah ini dan sudah mengerti untuk memanfaatkan pilihannya ikut menentukan arah masa depan bangsa ini," kata Annas Maamun saat meninjau TPS 25 di Kelurahan Jaya Mukti, Dumai Timur, Rabu (9/4) kemarin.

Dikatakan Annas Maamun, dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang ikut menyukseskan pemilu ini, tentunya pengetahuan masyarakat juga cukup tinggi. Hal seperti ini yang harus mendapatkan dukungan dari semua pihak.

"Dari berbagai hasil survei, animo masyarakat akan pemilu itu tinggi, ada yang memperkirakan 80 ada juga yang memperkirakan 90 persen. Jadi animonya tinggi dalam pemilu kali," terang Gubri.

Kemudian Ketua KPU Kota Dumai Darwis mengatakan, peningkatan animo masyarakat itu diperkirakan karena didorong oleh langkah sosialisasi yang dilakukan KPU secara intens, baik melalui pemasangan spanduk maupun sosialisasi di media elektronik dan cetak.

"Kita berharap partisipasi pemilih dalam pemilu legislatif ini meningkat tinggi, dengan kondisi tetap tenang, tertib dan kondusif hingga penghitungan suara dan pelantikan anggota DPRD terpilih nanti," harapnya.

Pada hari pencoblosan kemarin, Walikota Dumai H Khairul Anwar usai mencoblos dan meninjau pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah TPS mengungkapkan keyakinan tingginya partisipasi masyarakat pemilih dalam mengunakan hak pilih dalam Pileg ini.

"Antusias warga luar biasa untuk menggunakan hak suaranya, dan ini sangat kita apresiasi. Kepada calon yang menang kita harapkan dapat menyuarakan aspirasi masyarakat," kata Walkot kepada pers, Rabu. (MC Riau/ar)

Video

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB