Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021
ist

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau akan berupaya memfasilitasi National Paralympic Committee (NPC) untuk menciptakan atlet penyandang disabilitas berprestasi. Hal ini menjadi peran penting untuk mengoptimalkan kinerja pengurus.

Perhatian Pemerintah tersebut, sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kepulauan Meranti, Rizky Hidayat SSTP MSi usai pelantikan Pengurus NPC Kepulauan Meranti, Riau, Senin 10 Desember 2018 kemarin.

Rizky mengatakan, tidak ingin membeda-bedakan dua organisasi induk olahraga di Indonesia yakni, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan National Paralympic Committee (NPC).

Dimana, pemerintah memiliki kewajiban kepada masing-masing organisasi sesuai dengan yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres). Terlebih, NPC sebagai wadah olahraga bagi penyandang disabilitas sangat perlu diberdayakan.

"Jadi kita tidak ada dibeda-bedakan, kita sama semuanya. Kalau soal anggaran kita perjuangkan sama-sama bersama pimpinan (Kepala Daerah, red). Mudah-mudahan nanti dapat terealisasi di tahun depan," ujar dia.

Dengan begitu, ia berharap kepada pengurus NPC yang dilantik dapat bekerja dengan optimal. Selain itu, lebih intensif memotivasi masyarakat penyandang disabilitas untuk mau berkiprah dan menekuni olahraga sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

Artinya, pengurus NPC harus mau bekerja keras untuk mencari, membina dan menghasilkan atlet-atlet penyandang disabilitas handal yang dapat membawa nama harum Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kepada pengurus agar bekerja dengan baik dan profesional, besarkan NPC, sehingga nantinya melahirkan atlet paralympic yang mumpuni dan menuai prestasi," sebut Rizky Hidayat.

Disamping itu, Kepala Disparpora Kepulauan itu juga akan memaksimalkan keberadaan stadion Mahmud Jalal untuk digunakan sebagai fasilitas olahraga di Meranti. Terutama untuk KONI dan NPC yang baru dibentuk.

"Tahun depan stadion akan kita rehab. Kita seting tempat-tempatnya. Ada KONI nya ada untuk NPC nya. Saya akan berusaha sekuat tenaga untuk dapat melengkapi fasilitas yang ada," tutur dia lagi.

Sementara Ketua NPC Provinsi Riau, Jaya Kusuma berharap, pemerintah bisa memberikan perhatian khusus dan lebih intensif dalam menangani permasalahan penyandang disabilitas, agar berguna bagi nusa dan bangsa.

"Inilah usaha kita memajukan mereka. Sebab kita juga menjalankan program pemerintah untuk menghidupkan para disabilitas agar menjadi atlet berprestasi," ujar Jaya Kusuma.

Berbicara mengenai anggaran yang minim, menurut Jaya Kusuma, bukanlah jadi penghalang untuk membangun semangat kerja pengurus. Yang terpenting bagaimana kedepan menciptakan atlet penyandang disabilitas  menuai prestasi dan dipandang masyarakat.

"Kamilah pejuang olahraga, kami akan buktikan kepada dunia bahwa kami mampu berprestasi," ungkap dia. (mcr/san)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

543 Tenaga Kesehatan di Kepulauan Meranti Telah Divaksin

Senin, 08 Februari 2021 | 19:52:54 WIB

Pandemi Covid-19, Festival Perang Air Ditiadakan

Sabtu, 30 Januari 2021 | 10:02:15 WIB

Dorong Sagu Jadi Sumber Ekonomi Saat Pandemi Covid-19

Selasa, 20 Oktober 2020 | 15:34:12 WIB

Bupati Irwan Sampaikan Isu Strategi di Kepulauan Meranti

Kamis, 24 September 2020 | 16:46:13 WIB

Bupati Meranti Beberkan Alasan Mulai Sekolah Tatap Muka

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 17:58:29 WIB

Festival Perang Air Ramaikan Imlek di Selatpanjang, Riau

Sabtu, 25 Januari 2020 | 22:16:39 WIB

Pemprov Sosialisasi P4GN di Meranti

Selasa, 03 Desember 2019 | 20:17:07 WIB