Jumat, 15 Syawwal 1441 H | 05 Juni 2020

Info

Dumai - Forum Anak Dumai (FORMAD) sebagai wadah berkumpulnya anak-anak Dumai dan jembatan komunikasi antara anak dengan pemerintahan Kota Dumai.

Ketua FORMAD, Rihhadatul Aisy Khalis menyampaikan bahwa kehadiran FORMAD sesuai dengan  UU Nomor 35 Tahun 2014. Dimana, FORMAD menjadi jembatan komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak untuk memenuhi hak partisipasi anak.

“Forum Anak adalah organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak,” ucap ketua FORMAD saat di konfirmasi melalui telepon, Selasa (6/2/2019).

Lebih lanjut Rihhadatul menjelaskan bahwa FORMAD terbuka untuk semua anak-anak Kota Dumai yang ingin bergabung dengan usia 0-18 tahun.

“tidak ada pengecualian untuk menjadi anggota FORMAD. Mau itu anak jalanan, anak panti, anak disabilitas, semuanya berhak dan boleh bergabung di FORMAD,” Ucap Aisy.

FORMAD memiliki kegiatan rutin untuk berkumpul bersama seluruh anggota, salah satu kegiatan yang dilaksanak FORMAD yaitu Kampung Bermain dengan tujuan mengasah jiwa sosialisasi anak-anak yang dilaksanakan setiap akhir bulan.

“Kampung Bermain itu ada di setiap Kecamatan yang ada di Kota Dumai, untuk mengajak anak-anak supaya tidak terpaku ke gadget. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari anak-anak, banyak yang ikut katanya asyik dan bisa menambah teman,” ujar siswa yang masih duduk dikelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) ini.

Tidak hanya itu, forum yang memiliki anggota 90 orang yang  tersebar di setiap kecamatan memiliki beberapa kegiatan lainnya seperti buka bersama anak panti asuhan, magrib mengaji, gemar membaca hari minggu, dan Outdoor Classroom Day.

“Semua itu bertujuan mengembangkan potensi anak-anak dan mengarahkan anak-anak ke yang positif,” tambahnya.

Aisy berharap kehadiran FORMAD dapat menjadikan kota Dumai layak anak dan menampung aspirasi anak Dumai seperti anak-anak yang hak nya dilanggar dan juga anak-anak yang menjadi korban kekerasan.

“Dengan adanya forum anak ini secara tidak langsung kami sebagai perpanjangan tangan dari teman-teman yg ada di kota Dumai ke pemerintah, menyuarakan apa saja kebutuhan anak-anak yang ada di Dumai,” ucapnya.

Aisy juga mengatakan untuk saat ini FORMAD berada di bawah pembinaan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Kota Dumai atau lebih tepatnya di Bidang Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak Kota Dumai. (MCR/IP)

Video

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 03 Juni 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 02 Juni 2020) di Provinsi Riau

Kunjungan Kerja Gubernur Riau Terkait Pelaksanaan PSBB Di Kota Dumai

Berita Terkait