Ahad, 7 Ramadhan 1442 H | 18 April 2021

PEKANBARU - Sebanyak 80 orang pemuda dari Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir (Rohil) yang dipilih lewat proses serangkaian seleksi mendapatkan pelatihan di Politeknik Caltex Riau (PCR) Rumbai yang digelar PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) bekerjasama SKKMigas, PCR, Pemkab Bengkalis, Dinas Pendidikan Rohil dan Yayasan LaPak UMKM.

Manager PGPA Duri-Bekasap Chevron, Iwan Azof dalam sambutannya saat membuka pelatihan itu, Rabu (16/4) di PCR Rumbai mengatakan, peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan operasional perusahaan merupakan falsafah hidup PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron).

Itu sebabnya, perusahaan berpartner dengan SKKMigas berupaya mengadakan berbagai program investasi sosial yang berfokus pada  kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi.

“Program ini merupakan kombinasi dua fokus utama dalam program investasi sosial Chevron, yaitu bidang pendidikan dan pemberdayaan ekonomi,” terangnya. Seluruh peserta pelatihan diharapkan dapat belajar dan bekerja lebih tekun karena kita akan lebih dihargai jika kita bekerja keras mencapai prestasi.

Program pelatihan ini meliputi 3 fase: pertama, pengembangan pelatihan kejuruan; kedua, pendampingan untuk penumbuhan usaha baru bagi alumni pelatihan, dan terakhir adalah fase pengembangan usaha serta akses permodalan hingga peserta bisa menjalankan usahanya secara mandiri.

“Jadi, setelah mendapatkan pelatihan, para peserta akan magang di suatu tempat usaha. Saat akan membuka lapangan usaha, mereka akan mendapatkan pendampingan agar usahanya terus berkembang,” ujar Iwan lagi.

Peserta, yang rata-rata lulusan SMA dan berumur 20-23 tahun, akan mendapatkan pelatihan selama hampir 3 bulan agar menjadi tenaga kerja industri yang terampil dan siap pakai. Dari jumlah tersebut, 40 peserta terbaik akan mendapat bantuan modal usaha dan peralatan kerja.

Pelatihan dasar untuk masing-masing bidang diadakan selama satu bulan, disusul dengan pelatihan kewirausahaan dan magang selama lebih satu bulan. Seluruh kegiatan akan dilaksanakan di kampus Politeknik Caltex Riau (PCR) di Rumbai.

Sementara itu Manager Communications, Tiva Permata mengatakan pihaknya berharap agar para peserta memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. "Selain meningkatkan kesejahteraan peserta, program ini diharapkan dapat membantu menyediakan jasa-jasa yang dibutuhkan masyarakat," ungkapnya.(MC Riau/ad)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

PJ Sekdaprov Riau Tegaskan ASN Dilarang Mudik Lebaran

Sabtu, 17 April 2021 | 12:53:13 WIB

Personel Satpol PP Siaga di Zona Merah COVID-19

Kamis, 15 April 2021 | 21:21:26 WIB

Pekan Depan Pemprov Riau Mulai Gerakan Cinta Zakat

Kamis, 15 April 2021 | 19:24:02 WIB