Kamis, 25 Rabiul Awwal 1441 H | 21 November 2019

Pekanbaru - Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo menurunkan personil Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) untuk mengecek Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pulau Rupat, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak.

Hal ini diperlukan mengingat Rupat selama ini tidak pernah ada terjadi Karhutla. Jika memang terbukti ada unsur kesengajaan tentu saja akan ada tindakan tegas.

"Tim kami dari Reskrimsus sudah diturunkan ke Rupat, untuk mengecek apakah ada unsur kesengajaan atau tidak," kata Kapolda, saat memberikan paparan di posko penanganan darurat bencana Karhuta Riau di media center Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (27/2/19).

Kapolda menyebutkan, sampai saat ini sudah ada 6 tersangka yang ditetapkan. Semuanya dari masyarakat, tidak ada dari coorporate. Namun Kapolda menegaskan akan terus menyisir persoalan Kathutla ini, terutama dalam hal penegakan hukum.

Lebih lanjut, Kapolda juga mengatakan ratusan personil kepolisian sudah diterjunkan ke titik lokasi Karhutla bergabung bersama personil dari tim lainnya. Baik TNI, manggala agni maupun BPBD provinsi dan kabupaten kota.

Sebagai tambahan informasi, rapat ini langsung dipimpin Gubernur Riau Syamsuar. Dihadiri Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution, Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, perwakilan Danrem 031/WB. (MCR/mtr)

Berita Terkait