Sabtu, 23 Rajab 1442 H | 06 Maret 2021
Rohul Usul Jalan Rantau Berangin Jadi Jalan Nasional
Suasana pertemuan Komisi IV DPRD Rohul dengan Pihak PUPR di ruang rapat Wakil Gubernur Riau. Bahas usul peningkatan status jalan Rantau Berangin jadi jalan Nasional

PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) mengusulkan peningkatan status jalan Rantau Berangin hingga perbatasan Sumatera Utara (Sumut), dari Jalan Provinsi menjadi Jalan Nasional pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. 

Adapun usulan ini untuk mengurangi beban biaya yang ditanggung oleh daerah, apalagi penggunaannya dominan warga Sumatera Utara, terlebih kendaraan CPO.

Pengusulan dilakukan oleh Komisi IV DPRD Rohul, Rabu (29/5) yang diterima langsung oleh Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Dadang Purwanto beserta staf di ruang rapat Wakil Gubernur Riau.

Dikatakan oleh Ketua Komisi IV DPRD Rohul, Nono Patria Pratama sekaligus ketua rombongan dengan delapan orang anggotanya, ada beberapa hal yang ingin dikoordinasikannya pada pihak Pemprov. Terutama masalah upaya peningkatan status Jalan Rantau Berangin hingga ke Sumut menjadi Jalan Nasional.  

"Kita sebelumnya sudah lakukan koordinasi juga dengan pihak Kementerian PU, Bappenas, Balai Kementerian yang ada di Sumut. Kelihatannya pihak Sumut keberatan dengan perubahan status ini. Karena akan mengurangi pendapatannya terkait adanya pelabuhan mereka yang melewati jalan tersebut. Inilah kami perlu pertanyakan ke Pemprov agar perjuangan perlu dilakukan," katanya.

Menyikapi apa yang jadi keinginan, Dadang Purwanto menjelaskan, apa yang menjadi usulan sudah jadi agenda dari provinsi untuk diusulkan ke pusat. Di samping itu juga sudah masuk dalam rencana kegiatan di Bappenas. 

"Ini sudah jadi agenda kita disamping juga untuk jalan Dumai masuk ke Siak. Bahkan sudah masuk dalam agenda Bappenas juga. Tinggal meningkatkan koordinasi dengan Pemprov Sumut," jelasnya.

Mendapat penjelasan tersebut, pihak Komisi IV DPRD Rohul sedikit lega dan minta pada Pemprov Riau untuk serius. Jangan nanti hal ini sampai batal atau 'akan ke akan' saja. Tapi harus diikuti dengan persiapan segala yang jadi persyaratan sehingga diharapkan tahun 2020 peningkatan status ini sudah terwujud. (MCR/Ch)

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

Wagubri Bersama Forkompimda Tinjau TPS di Rokan Hulu

Rabu, 09 Desember 2020 | 11:39:51 WIB

Venue Paralayang Miliki Potensi Wisata

Kamis, 12 November 2020 | 21:33:29 WIB

Gubri Ajak Masyarakat Prioritaskan Tanaman Pangan

Kamis, 12 November 2020 | 21:25:56 WIB

Gubri Akan Usulkan Jalan Perbatasan Jadi Jalan Nasional

Kamis, 12 November 2020 | 16:54:34 WIB

Gubri Serahkan Bantuan Obatan Covid-19 ke Pemkab Rohul

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 14:19:14 WIB

Wagubri Kunjungi Situs Cagar Budaya Istana Rokan

Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:30:49 WIB