Selasa, 21 Safar 1443 H | 28 September 2021
Dana Darurat Untuk Tangani Longsor Kuala Cenaku

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mempertegas komitmen melakukan pembenahan dan perbaikan infrastruktur. Hal ini terlihat dengan telah dialokasikannya dana tanggap darurat untuk penanganan longsor di daerah Kuala Cinaku jalan lintas Rengat-Tembilahan beberapa waktu lalu.  

Langkah itu menjadi perhatian, karena akses infrastruktur tersebut tergolong vital dan menjadi penghubung antar daerah. Diharapkan dengan langkah pengalokasian tersebut dapat menjadi solusi untuk kendala akses infrastruktur tersebut.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Peovinsi Riau, Ahmad Hijazi menilai, hal itu tentunya menyesuaikan dengan peruntukannya. Dimana untuk, penggunaan dana darurat ini sudah bisa dengan perubahan penjabaran di APBD-P karena dana itu sudah dialokasikan.

“Ya hal itu tentunya tetap menjadi perhatian kita. Kemarin ada dana darurat sudah jalan. Tinggal kita merubah pos dengan justifikasi tertentu agar tidam menyalahi aturan,” paparnya, Rabu (26/6).

Untuk memperbaiki infrastruktur yang terkendala longsor tersebut, pihak Pemerintah Provinsi Riau berencana menggunakan dana darurat sebesar Rp5 miliar untuk pembangunan jalan lintas Rengat-Tembilahan yang longsor di kecamatan Kualu Cenaku. Hal ini juga didukung urgensi, karena kondisi jalan sangat darurat dan diperlukan masyarakat.

Untuk konsep penanganannya, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau juga akan membangun turap di areal longsor dan rawan longsor. Hal itu tak terlepas karena tidak ketersediaan dana di Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS), Kementerian PUPR. Diharapkan dengan langkah tersebut menjadi solusi untuk akses transportasi masyarakat di kawasan Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu. (MCR/mz) 

Video

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita Terkait

Orangutan Muncul di Perkebunan Warga Aur Cina Inhu

Sabtu, 03 Juli 2021 | 13:55:00 WIB

Mendagri Terbitkan SK Pengesahan Kepala Daerah Inhu

Jumat, 02 Juli 2021 | 09:10:31 WIB