Kamis, 25 Rabiul Awwal 1441 H | 21 November 2019

PEKANBARU - Prestasi demI prestasi terus diukir anak negeri ini. Seperti apresiasi yang diraih tim tari Provinsi Riau dari Sanggar Bathin Sembilan asal Bengkalis yang berhasil masuk lima penyaji terbaik bersama empat provinsi lainnya di Indonesia.

Atas prestasi yang diraih ini, tim Riau dijemput untuk tampil pada Helat PKN (Pekan Kebudayaan Nasional) pada  Oktober 2019 mendatang di Jakarta. Hal ini merupakan capaian yang dapat jadi motivasi untuk dapat mengukir prestasi lainnya.

"Tari berjudul 'Bayangan Zapin' dengan koreografer Khairul Anwar dan Penata Musik Ridho Fatwandi ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zen, kemarin.

Menurutnya, selain Riau akan tampil empat provinsi lain yakni, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau dan Provinsi Jawa Timur. Prestasi yang diraih Sanggar Bathin Sembilan ini bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dikarenakan proses awal adalah dengan mengirimkan video tari yang akan disertakan dalam perlombaan.

“Sanggar yang dipimpin seniman Musrial Alhak ini, lolos kurasi sejak tahun lalu,” ujar Yos yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Riau.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI, 1 sampai dengan 9 Oktober mendatang akan melaksanakan iven PKN sebagai puncak festival seni budaya di Indonesia.

”Selain masuk lima penyaji terbaik, penarinya juga masuk dalam 10 penari terbaik,” tambahnya. (MCR/mz)

Berita Terkait