Kamis, 25 Rabiul Awwal 1441 H | 21 November 2019

PEKANBARU - Bupati Kabupaten Bengkalis, Amril Mukminin melepas Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter 10 asal Kabupaten Bengkalis di Aula keberangkatan Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, Jalan Mekar Sari Pekanbaru, Minggu (14/7/2019) dini hari.

JCH kloter 10 ini berjumlah 444 orang, yang terdiri dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis, serta petugas kloter 5 orang. Namun ada 1 JCH asal kota Pekanbaru yang masuk di Kloter ni, sehingga total JCH yang diberangkatkan berjumlah 450 orang. Rombongan ini merupakan kloter yang full jumlahnya setelah sebelumnya kloter 9 dengan jumlah yang sama.

Adapun JCH termuda di Kloter 10 asal Kabupaten Bengkalis bernama Riska Kumala Sari berumur 22 Tahun, Sedangkan yang tertua bernama Mukti Selamat Ahmad Khasfan berumur 86 tahun.

Kloter 10 akan diberangkatkan menuju Madinah dengan penerbangan Saudi Arabian Airlines  dengan nomer penerbangan SF5621. Sedangkan penerbangan ke Hang Nadim Batam dengan 3 kali penerbangan, dengan penerbangan pertama pukul 04.00 WIB, kedua pukul 04.10 WIB, ketiga pukul 04.15 WIB.

Kloter 10 diperkirakan akan kembali ke tanah air dengan penerbangan Saudi Arabian Airlines dengan nomer penerbangan SF5200 pada tanggal 26 Agustus 2019 pada pukul 22.15 WIB di Batam dan kembali ke Pekanbaru dengan 3 penerbangan, dengan perkiraan penerbangan pertama pukul 01.30 WIB, kedua pukul 01.45 WIB, dan ketiga pukul 02.00 WIB. 

Bupati Bengkalis dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh JCH asal Bengkalis untuk menjaga kesehatan, dan khusyuk dalam beribadah.

"Laksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya. Karena tujuan utama datang ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam kelima," ujarnya.

Ia juga berpesan kepada para JCH untuk mengurangi kegiatan yang tidak langsung menunjang ibadah seperti belanja dan jalan-jalan, serta mengikuti petunjuk dari panitia pelaksana Haji.

"Selamat pergi dan selamat pulang, semoga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah," pesan Amril.

Kemudian Amril juga mengingatkan kepada seluruh JCH untuk menjaga etika dan adab ketika berada di Arab Saudi, serta menjaga kekompakan, saling tolong menolong, dan menjauhkan rasa ego dari diri masing-masing.

"Kita harus menjaga nama baik negara Indonesia, khususnya Kabupaten Bengkalis. Berikan kesan baik selama di Tanah Suci," tutur Amril.

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan kepada panitia haji yang akan bertugas, untuk melakukan tugas dengan sebaik-baiknya, dengan amanah dan tanggung jawab.

"Ingat tugas kita sebagai panitia itu adalah untuk melayani jamaah haji, yang diiringi dengan pelaksanaan haji, untuk itu kita harus bisa menyesuaikannya," ucap Bupati Bengkalis.

Dalam acara ini turut hadir Asisten 1 Ahmadsyah Harrofie, Kepala Kanwil Kementrian agama Provinsi Riau Drs. H. Mahyudin MA, Forkopimda Kabupaten Bengkalis, para Asisten di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis, Ketua NKA LAM Kabupaten Bengkalis, Ketua Dewan Dakwah Islam Kabupaten Bengkalis. (MCR/Afq)

Berita Terkait