Senin, 19 Zulhijjah 1440 H | 19 Agustus 2019

Foto bersama panitia dan remaja peserta publik speaking, Ahad (28/7/2019.

PEKANBARU -- Sebanyak 50 orang remaja masjid Fastabiqul Khairat di komplek Perumahan BSD Kelurahan Sungai Sibam, Payung Sekaki Kota Pekanbaru mengikuti kegiatan pelatihan publik speaking.

Kegiatan yang ditaja oleh Fakultas Ilmy Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Riau (UIR), Ahad (28/7/2019) itu bagian dari kegiatan pendampingan Fikom UIR yang dilaksanakan selama dua bulan dari bulan Juli hingga Agustus 2019.

Dalam pemaparan materi yang disampaikan Dr. Fatmawati, M.Si mengatakan, dunia saat ini menuntut setiap individu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar dapat membangun jaringan kerja yang baik pula. Dalam pelatihan ini peserta dibekali dengan latihan vokal, latihan gaya berbicara dan wawasan yang luas.

Fatmawati menjelaskan, untuk latihan peserta diberikan ajarkan kemampuan melafalkan dengan baik huruf-huruf vokal dengan baik sehingga mudah dipahami dan di mengerti pendengar. Begitu juga dengan gaya berbicara, peserta dilatih memanfaatkan gerakan-gerakan tubuh saat berbicara sehingga gerakan-gerakan tersebut bisa memberikan nilai tambah saat berkomunikasi. 

Sedangkan wawasan yang luas peserta dibekali pengetahuan-pengetahun yang akan menambah rasa percaya diri dan kewibawaan. 

"Kita bekali mereka dengan latihan-latihan berbicara di depan umum supaya tumbuh keberanian mereka. Setelah itu kita ajari teknik mengolah vokal, gaya berbicara yang baik," kata Fatmawati.

Sementara, Al Sukri, M.I.Kom yang merupakan ketua pelaksana kegiatan menjelaskan, pelatihan publik speaking yang ditaja oleh Fikom UIR ini merupakan program kemitraan masyarakat dan stimus (PKMS) 2019 yang didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti). 

Sasaran dari program ini adalah remaja masjid Fastabiqul Khairat di komplek Perumahan BSD Kelurahan Sungai Sibam, Payung Sekaki Kota Pekanbaru dengan jumlah peserta adalah sebanyak 50 orang dan dilaksanakan di kelurahan Sungai Sibam, Payung Sekali Pekanbaru.

"Ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan dalam program pendampingan ini, yaitu gerakan sadar literasi media dan kemampuan menulis dan kedua adalah kegiatan publik speaking. Untuk pemateri nya sendiri selain dari dosen yang ada di Fikom UIR kita ambil juga pemateri luar," kata Al Sukri.

Melalui kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan skill remaja masjid khususnya dalam mendukung kegiatan-kegiatan mereka baik di sekolah maupun di masjid.

"Ada banyak sisi positif kita targetkan dalam kegiatan ini, mulai dari mengarahkan remaja masjid yang terdiri dari kalangan pelajar ini kearah kegiatan positif, mereka juga mendapatkan ilmu dan kemampuan komunikasi yang baik,"harapnya.

Selain melaksanakan kegiatan pendampingan, Fakultas Ilmu Komunikasi UIR juga memberikan bantuan hibah 100 buah buku bacaan seperti buku agama, buku-buku motivasi dan buku peningkatan softskill remaja kepada pengurus Masjid Fastabiqul Khairat. Buku-buku ini nantinya bisa dimanfaatkan remaja masjid untuk menunjang kegiatan mereka.

"Kita inginkan juga masjid bisa jadi tempat taman bacaan disamping kegiatan ibadah. Saat mereka membuat kegiatan di masjid ada sudut yang bisa dimanfaatkan," kata Al Sukri.

Al Sukri mengapresiasi pengurus masjid Fastabiqul Khairat yang telah mendukung penuh kegiatan ini dilaksanakan. Al Sukri mengaharapkan di tahun-tahun mendatang Fikom UIR kembali bisa melaksanakan kegiatan yang serupa dengan sasaran yang berbeda pula. (MC Riau/mad)
 

Berita Terkait