Jumat, 15 Syawwal 1441 H | 05 Juni 2020

Info

Dari kiri ke kanan, masyarakat bersama Kepala BRG Nazir Foead, Gubernur Riau Syamsuar, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

MERANTI - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo turut meninjau sekat kanal yang ada di Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, pada Jumat (2/8/2019).

Di mana, Doni sempat berdialog dengan petani sagu setempat yang mengatakan produksi sagu di wilayah mereka bisa meningkat dari biasanya sejak ada sekat kanal, yakni dari enam tual sagu menjadi delapan tual per batangnya.

"Rata-rata masyarakat di sini memiliki dua hektare lahan yang isinya sagu. Setiap tahun memanen 80 batang, dari satu batangnya bisa untung antara Rp500 ribu hingga Rp600 ribu. Setiap hektarenya, mereka akan menghasilkan Rp50 juta. Kalau ini bisa dioptimalkan di tempat lain, manfaat perekonomiannya luar biasa," ulas Doni didampingi Gubernur Riau, Syamsuar.

Ia pun memuji keberhasilan sekat kanal tersebut. Ia juga antusias untuk menyebarluaskan keberhasilan pengelolaan gambut ini dalam menekan angka karhutla dan meningkatkan perekonomian masyarakat ke wilayah lain.

"Kita akan buat tim dari KLHK, Kementerian Pertanian, BRG, pemerintah provinsi dan lainnya agar program ini dapat diperbanyak ke daerah lain. Supaya mindset masyarakat yang selama ini selalu melakukan pembakaran lahan dapat diubah," tukas Doni. (Mcr/rat)

Video

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 03 Juni 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 02 Juni 2020) di Provinsi Riau

Kunjungan Kerja Gubernur Riau Terkait Pelaksanaan PSBB Di Kota Dumai

Berita Terkait