Jumat, 18 Sya'ban 1441 H | 10 April 2020

Info

PELALAWAN - Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) menggelar sosialisasi dan pelatihan pembuatan pakan ikan air tawar di desa Kiab Jaya Kecamatan Bandar Sei Kijang Kabupaten Pelalawan, Jumat (2/8)

Dalam rangka mewujudkan gerakan Indonesia mandiri mahasiswa Tematik Revolusi Mental (RM) UNRI memasukkan sosialisasi pembuatan pakan ikan air tawar sebagai salah satu program KKN yang mereka lakukan di Desa Kiab Jaya.

Koordinator Kukerta UNRI Desa Kiab Jaya, Ilham menjelaskan, dalam sosialisasi dan pelatihan ini para pembudidaya ikan diajarkan teori dan praktek pembuatan pakan ikan meliputi pemilihan bahan, penyusunan formulasi pakan ikan, pengolahan bahan baku, penggilingan, pencetakan pakan dan pengeringan. Selanjutnya, proses pengeringan dilakukan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari, terang Ilham.

"Saya berharap setelah pelatihan ini peserta mampu membuat pakan ikan secara mandiri dengan kualitas yang sama dengan pabrikan," tutur Ilham, Jumat (2/8).

Di sisi lain, Ketua Tim Pengabdian UNRI, Indra suharman mengungkapkan, memanfaatkan bahan baku lokal dalam pembuatan pakan ikan, yaitu limbah yang belum termanfaaatkan seperti limbah industri sawit atau bungkil inti sawit, dapat meningkatkan produksi budidaya ikan.

"Ini sangat bagus untuk budidaya ikan,' ujarnya.

Ia mengatakan, pelatihan ini sangat disambut antusias oleh pembudidaya ikan. Apalagi selama ini mereka mengeluhkan harga pakan yang semakin tinggi, pungkasnya.

"Kegiatan pelatihan ini akan berpotensi menambah perekonomian keluarga," tutupnya. (MCR/NV)

Video

Ucapan Terima Kasih Gubernur Riau Kepada Insan Pers

Dari Gubernur Riau Untuk Tenaga Pendidik

Update Corona Provinsi Riau || 4 April 2020

Berita Terkait