Senin, 19 Zulhijjah 1440 H | 19 Agustus 2019

PEKANBARU - Legislator Riau dari Fraksi Demokrat, Aherson minta pada instansi terkait seperti Dinas Kesehatan (Diskes) untuk mengkaji apakah kondisi asap yang terjadi saat ini sudah tergolong menghawatirkan atau tidak. Terutama dikaji dalam segi kesehatan dengan kaitan apakah anak sekolah sudah layak diliburkan atau tidak.

"Kita minta pendapat dari Dinas Kesehatan lah. Kalau memang sudah berdampak tidak baik, suka atau tidak sekolah harus mengeluarkan kebijakan meliburkan anak didik. Kondisi seperti ini, secara medis juga harus dipelajari, apakah dampak buruknya lebih besar dari baiknya," jelasnya saat dikonfirmasi, Senin (05/08).

Disampaikan juga oleh Ketua Komisi V DPRD Riau ini, apalagi kondisi kabut asap yang terjadi di wilayah Riau ini kepekatannya tidak sama antara satu wilayah dengan wilayah yang lain. Daerah yang memang daerahnya yang sumber kebakaran lahan, tentu akan lebih pekat asapnya dan harusnya diliburkan.

"Daerah kita ini memang luas hutannya, kalau tidak waspada kejadian kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap bisa terjadi tiap tahun pada musim kemarau. Bahkan bisa berdampak pada daerah dan negara tetangga. Berharap upaya pencegahan lebih dikedepankan dari upaya tindakan," jelas Dapil Inhu-Kuansing ini. (MCR/Ch)

Berita Terkait