Senin, 19 Zulhijjah 1440 H | 19 Agustus 2019
Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi

PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan jika hingga saat ini pihaknya belum mengeluarkan himbauan untuk meliburkan sekolah-sekolah akibat dari kabut asap yang terjadi saat ini, karena berdasarkan pengamatan di ISPU, status udara masih dalam kategori sedang.

Dijelaskan Syamsuar, jika kualitas udara berstatus sangat tidak sengat, baru sekolah-sekolah akan diliburkan.

"Belum, sekarang pagi ini statusnya Sedang, dan jumlah titik api di Riau itu juga tidak banyak dari laporan yang saya terima, karena untuk meliburkan sekolah itu status udara nya sangat tidak sehat," jelas Syamsuar, Rabu (7/8/2019), di Pekanbaru.

Dikesempatan itu Syamsuar juga meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan berbagi informasi yang mengatakan kalau pemerintah belum maksimal dalam penanganan Karhutla ini, karena dilapangan jajaran TNI, dari Badan Penanggulangan Bencana dan petugas lainnya, sudah melakukan berbagai upaya pemadaman.

"Jadi, kita minta jangan dikatakan Pemerintah lepas tangan atau tidak serius menangani persoalan ini, para petugas dilapangan telahg bertuingkus lumus dilokasi, nyawa mereka bahkan taruhannya, karena itu, mari kita hargai upaya yang mereka lakukan itu," ujar Syamsuar.

Mantan Bupati Siak Dua periode ini juga mengajak kepada masyarakat untuk bisa secara bersama-sama mengatasi persoalan ini, terutama dengan tidak membakar lahan, walaupun itu dalam jumlah sedikit.

"Kita semua masyarakat Riau harus ikut andil juga, salah satu caranya adalah jangan membakar lahan, apalagi musim kemarau di Riau ini akan berlangsung lama di Riau ini berdasarkan prediksi dari BMKG," ajaknya. (MC Riau/mad)

Berita Terkait