Selasa, 14 Rabiul Akhir 1441 H | 10 Desember 2019

Info

PEKANBARU - Sebanyak 60 orang mahasiswa penerima beasiswa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Provinsi Riau mengikuti seminar kewirausahaan.

Kegiatan yang dilangsungkan di aula gedung perpustakaan Unilak, Rabu (14/8/2019) itu dibuka oleh Rektor Unilak, Dra Hj Hasnati SH, MH. Turut hadir dalam acara pembukaan ini Dekan Fasilkom Unilak Fajrizal M.Kom, jajaran wakil Dekan, Kepala Dinas Pendidikan Riau yang diwakili oleh Musriandi Saputra, dan sebagai pembicara Prof Dr Irwan Effendi MSc.

Rektor Unilak, Hasnati saat membuka acara menyampaikan terimakasihnya kepada Pemprov Riau yang telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa Unilak, dan berharap di tahun depan tetap diberikan.

"Kepada mahasiswa penerima beasiswa harus banyak bersyukur, selain dapat biaya kuliah juga diberikan biaya hidup oleh pemerintah, dan dilatih kewirausahaan. Untuk itu fokus belajar dan kuliah tepat waktu. Jangan sia-sia kan kesempatan ini, karena tidak semua Mahasiswa bisa mengikuti kegiatan seperti ini, dan gratis pula lagi," ujar Rektor mengingatkan.

Sementara Kepala Seksi Pembantuan Fasilitasi Dinas Pendidikan Riau mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Musriandi Saputra mengatakan, Pemprov Riau telah menganggarkan beasiswa melalui Dinas Pendidikan.

Ada beberapa jenis beasiswa. Yang pertama, beasiswa prestasi untuk perguruan tinggi nasional, yang telah bekerjasama dengan  5 PTN yakni UI, UGM, ITB, dan lainnya. Dari Tahun 2014 hingga 2018 telah menyalurkan beasiswa sebanyak Rp31 miliar.

Kemudian ada beasiswa prestasi untuk dalam provinsi yang bekerjsama dengan 7 perguruan tinggi di Riau, salah satunya adalah Unilak. Pemerintah telah menyalurkan dana sebesar Rp106 Miliar untuk beasiswa ini dari Tahun 2014 hingga 2018.

Ada juga beasiswa Bidikmisi berprestasi, salah satu syaratnya adalah IPK. Sejak Tahun 2014 hingga 2018 telah disalurkan sebesar Rp48 miliar.

"Pemberian beasiswa ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia, dan kami juga mengapresiasi kegiatan seminar kewirausahaan yang dilakukan oleh Fasilkom," ujar Musriandi. (MC Riau/mad)

Berita Terkait