Senin, 19 Zulhijjah 1440 H | 19 Agustus 2019

PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar tekankan enam tugas pokok yang perlu dijalankan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Ahmad Syah Harrofie yang baru saja dilantik. 
 
Dari enam poin tersebut, yang pertama Ahmad Syah diminta untuk dapat mengkoordinasikan segala kegiatan yang berhubungan dengan legislatif dan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). 
 
"Harus bisa mengkoordinasikan segala kegiatan bersama legislatif. Kemudian bersama Forkopimda juga, karena secara fungsional, Sekda juga sekretaris Forkopimda," kata Syamsuar, Rabu (14/8/19).
 
Poin kedua, harus bisa mengkoordinasikan segala tugas dan kewajiban setiap jajaran sesuai tupoksinya. Ketiga, harus mampu menjawab segala tantangan dan perubahan secara baik dan bijak, terutama berkaitan dengan kebijakan yang berkaitan dengan masyarakat. 
 
Berikutnya ke empat, Pj Sekdaprov yang baru harus mampu memberdayakan bawahannya. Kelima, dalam penyelengaraan pemerintahan, pengawasan harus menjadi prioritas, lakukan secara berjenjang dalam mengukur sebuah keberhasilan.
 
Keenam, demi terwujudnya good government dan clean government, harus mampu mengedepankan prinsip transparansi, serta integritas wajib diutamakan. 
 
Terkait dengan pergantian jabatan yang resmi diserahterimakan hari ini, menurut Gubri adalah hal biasa. Sebagai abdi negara, sudah semestinya siap menjalankan amanah yang diberikan. Karena itu, totalitas pengabdian menjadi keutamaan dalam menjalankan tugas sebagai pendukung atas suksesnya kinerja yang dipimpinnya. 
 
"Dimana pun kita ditugaskan dan diamanahkan sebagai abdi negara, kita wajib mentaatinya. Untuk itu perlu kita sadari, bahwa jabatan adalah sebuah amanah untuk memimpin sebuah tugas dan pengabdian demi kemajuan bangsa dan negara demi kemaslahatan masyarakat. Seorang pemimpin harus dilihat bukan semakin tinggi jabatannya, tetapi apa yang sudah diperbuatnya, karena tugas yang telah diamanahkan kepada yang bersangkutan," papar Syamsuar.
 
Hadir pada pelantikan Pj Sekdaprov Riau yang digelar di Gedung Daerah, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Ketua DPRD Riau Septina Primawati, serta berbagai undangan lainnya. (MCR/mtr)

Berita Terkait