Selasa, 24 Safar 1441 H | 22 Oktober 2019

Pekanbaru - Sebanyak 480 orang Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau lakukan orientasi pembekalan tugas yang ditaja oleh BPSDM Riau bersama Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota. Ini dalam upaya peningkatan pemahaman dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah. Kegiatan dibuka oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Selasa malam (08/10) di Gedung Daerah Pekanbaru. Selain peserta turut hadir FORKOPIMDA Riau, Bupati/Wakil Bupati se-Riau, Kepala OPD Riau, para pejabat di lingkungan DPRD se-Kabupaten/Kota dan undangan lainnya.

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dalam pidato pembukanya sangat berharap banyak pelaksanaan ini akan memberikan manfaat terutama ilmu terhadap tugas, hak dan kewajiban anggota dewan selaku wakil rakyat di daerah. Disamping itu juga sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di daerah.

"Dengan orientasi diharapkan akan dapat meningkatkan tugas dan kewenangan selaku anggota DPRD sesuai aturan dan undang-ubdang yang berlaku. Terutama dalam mengemban tiga tugas pokok yaitu sebagai legislasi atau pembuat perda bersama-sama pemerintah daerah, penganggaran yaitu pembahasan anggaran bersama pemerintah daerah dan pengawasan yang dilakukan secara dinamis dan profesional," sebutnya.

Sementara itu Kepala BPSDM, Joni Irwan dalam laporannya menyebutkan pelaksanaan saat ini adalah gelombang pertama yang diikuti oleh empat Kabupaten/Kota yaitu anggota DPRD dari Pekanbaru, Bengkalis, Indragiri Hulu, dan Kepulauan Meranti. Kegitan akan berlangsung mulai tanggal 8 hingga 11 Oktober 2019.

"Para peserta akan dibekali oleh nara sumber yang berkompeten dibidangnya yang telah memiliki TOT (Training of Trainers). Materi meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Wawasan Kebangsaan NKRI. Kemudian internaIisasi integritas, sistem pemerintahan Indonesia, pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah, hubungan kerja antara DPRD dengan kepala daerah, fungsi tugas, wewenang dan hak DPRD, muatan lokal atau isu aktual yang ada," jelasnya.

Ditambahkan, dengan orientasi ini juga diharapkan anggota DPRD se-Riau dapat mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi selaku unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Meningkatkan semangat pengabdian pada NKRI, meningkatkan pemahaman tentang idiologi negara terutama institusi, semangat patriotisme. Meningkatkan komitmen bersama agar terciptanya pembangunan optimal di seluruh Riau. (MC/Ch)

Berita Terkait

Info MC Riau Titik panas (Hotspot) update 22/10/19 pukul 06.00 WIB, Jambi = 2 , Lampung = 19, Sumsel = 126, Babel = 11 , Riau = Nihil MC Riau Berikut Rekapitulasi Luas Lahan Terbakar di Kab/Kota se-Provinsi Riau pertanggal 4-10-2019 (Sumber PUSDATIN BPBD Prov. Riau) :Rohul : 89,25 Ha, Rohil : 1.939,45 Ha, Dumai : 351,75 Ha, Bengkalis : 1.907,34 Ha, Meranti : 368,5 Ha, Siak : 867,87 Ha, Pekanbaru : 280,11 Ha, Kampar : 352,03 Ha, Pelalawan : 548,2 Ha, Inhu : 1.172,3 Ha, Inhil : 1.071,85 Ha, Kuansing : 20.1 Ha