Kamis, 25 Rabiul Awwal 1441 H | 21 November 2019

PEKANBARU - Bersempena milad yang ke 16 tahun, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himate) Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau menggelar pameran teknologi. Kegiatan ini berlangsung di ruangan teater Faste UIN Suska Riau, Jumat (18/10).

Ketua panitia milad, Nanda, menjelaskan bahwa ada tiga karya mahasiswa Himate yang dipamerkan dalam kesempatan ini yaitu pagar otomatis menggunakan IoT dan smartphone, saklar berbasis IoT terintegrasi dengan aplikasi android dan LED CUBE 4x4x4.

"Pagar otomatis itu aplikasi yang membuka sistem dengan suara, saklar berbasis IoT untuk mengendalikan dan memonitoring saklar menggunakan android, serta LED sebagai lampu jalan dan reklame," ucap Nanda.

Ia mengatakan, pameran teknologi ini sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan karya mahasiswa teknik elektro agar lebih dikenal masyarakat luas khususnya di Faste sendiri.

"Ini semua karya mahasiswa Himate, karyanya dipresentasikan dan diharapkan mampu dikenal khalayak ramai," jelasnya.

Tambahnya, pameran ini bersamaan dengan hari lahirnya jurusan Himate UIN Suska Riau dengan mengusung tema bersama elektro kembangkan ilmu pengetahuan.

Selanjutnya, Ketua Prodi Teknik Elektro Ewi Ismaredah menambahkan, kegiatan ini sebagai ajang kreativitas mahasiswanya dalam berkreasi di bidang keilmuan elektro.

Ewi berharap, kedepannya acara seperti ini dapat terus berlanjut sehingga elektro UIN Suska Riau semakin dikenal dan diperhitungkan sebagai jurusan terkemuka di Riau bahkan skala nasional.

"Ini masih karya kecil-kecilan dari mahasiswa, semoga karya ini dapat terus dipoles dan menjadi karya besar yang membanggakan," ungkap Ewi.

Ia menambahkan, pihak prodi akan terus mendukung apapun karya yang dibuat oleh mahasiswa elektro demi kemajuan jurusan kedepannya.

"Kita mendukung apapun kegiatannya asal untuk kemajuan dengan segala kekurangan dan keterbatasan prodi," tutupnya. (MCR/IP)

Berita Terkait