Senin, 22 Rabiul Awwal 1441 H | 18 November 2019

PEKANBARU - Wakil Gubernur (Wagub) Riau mengimbau kepada seluruh pemerintah daerah untuk mengevaluasi penerima Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang ada di Provinsi Riau.

Jelasnya, ada beberapa aspek yang perlu dievaluasi, baik dari segi kepesertaan, pembiayaan dan fasilitas yang didapat oleh penerima.

"Masih banyak keluhan-keluhan dari berbagai aspek, makanya perlu di evaluasi," ucapnya saat memberikan kata sambutan dalam acara rapat koordinasi terkait JKN-KIS di Premiere Hotel Pekanbaru, Senin (21/10).

Edy Natar menegaskan, dari segi kepesertaan banyak sekali ditemukan di lapangan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Banyak masyarakat mampu menjadi penerima JKN-KIS, sementara masyarakat tidak mampu terabaikan.

"Untuk itu perlu adanya peninjauan kembali, ada petugas yang mendata ulang dan dilaporkan secara berkala," katanya.

Selain itu, ia juga ingin memastikan bahwa fasilitas yang didapatkan oleh penerima JKN-KIS sesuai dengan prosedur yang ada serta dilayani dengan baik dan tidak merasa terasingkan.

Ia menambahkan, jika evaluasi berjalan secara optimal maka kinerja pemprov dan pemda akan terlaksana sesuai dengan tugas pemerintah pusat.

"Jika tidak bekerja optimal, ya hasilnya juga terlihat tidak serius," tutupnya. (MCR/IP)

Berita Terkait