Senin, 22 Rabiul Awwal 1441 H | 18 November 2019

Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi bersalaman dengan salah seorang siswa berprestasi usai menyerahkan piagam penghargaan.

PEKANBARU - Bertempat di Balai Pauh Janggi, gedung Daerah Riau, Gubernur Riau mengikuti kegiatan temu ramah dengan siswa berprestasi SD/MTs, SMA/MA/SMK dan SLB se Provinsi Riau tingkat Nasional dan Internasional tahun 2019.

Sebanyak 86 siswa/i se Provinsi Riau yang berprestasi ditingkat Nasional dan Internasional mengikuti kegiatan ramah tamah sekaligus menerima penghargaan dalam kegiatan yang dilaksanakan Jumat (1/11/2019) siang tersebut.

Diawal sambutannya Gubernur Syamsuar MSi menyampaikan bahwa kegiatan ramah tamah ini adalah bagian dari merespon banyaknya keinginan orang tua ataupun guru yang ingin bersilaturrahmi dengan dirinya karena anaknya berprestasi.

"Ini juga bagian dari merespon dari banyaknya keinginan para guru, dan juga orang tua yang meminta bersilaturrahmi dengan saya, yang disampaikan melalui telepon ataupun pesan," kata mantan Bupati Siak tersebut.

Gibri mengatakan, komitmen pemeriantah Provinsi Riau dibidang pendidikan ini telah dilakukan sejak lama, tidak hanya melalui penyediaan sarana prasarana pendidikan yang memadai, lebih dari itu yang paling penting adalah program yang langsung bersentuhan dengan pelaku pendidikan, yakni guru/dosen, dan peserta didik.

"Komitmen kita untuk memajukan negeri ini, dan harus dimulai sejak anak usia dini, karena mereka ini adalah cikal bakal pemimpin negeri ini dimasa depan," tegas Syamsuar.

Syamsuar juga mengingatkan bahwa saat ini kita dihadapkan dengan tantangan revolusi industri 4.0, tidak hanya mendapatkan pelajaran dari sekolah saja, tapi juga harus mampu memperoleh ilmu dari kemajuan teknologi yang itu tidak boleh dihindari.

"Anak-anak Riau jangan ketinggalan informasi, harus mampu mengikuti perkembangan kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat saat ini. Anak-anak Riau jangan sampai ketinggalan dengan anak-anak daerah lainnya di Indonesia, dan juga internasional," ingatnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Riau H Rudyanto menjelaskan, pemberian penghargaan terhadap siswa/i berprestasi ini adalah bagian dari bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Riau terhadap mereka yang berprestasi, baik ditingkat nasional maupun internasional.

"Penghargaan tidak hanya diberikan bagi siswa/i di lingkup Dinas Pendidikan, tapi juga bagi siswa/i dari sekolah di bawah naungan Kementerian Agama," jelas Rudi.

Selain sebagai bentuk apresiasi, pemberian penghargaan ini juga diharapkan bisa memotivasi bagi siswa/i lain untuk bisa juga mengukir prestasi. 

Rudy juga menambahkan bahwa selain 86 orang yang diberi piagam penghargaan dan bantuan uang tunai yang ditransfer langsung ke rekening siswa/i bersangkutan. Masih ada juga siswa/i Riau yang mengukir berbagai prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional, namun belum terdata, baik oleh Dinas Pendidikan maupun Kementerian Agama wilayah Riau.

"Mereka ada yang berangkat atau mengikuti berbagai lomba ditingkat nasional dan internasional itu dari sekolah masing-masing, dan belum melapor, hingga tidak termasuk dalam data penerima hari ini. Namun mereka tetap akan kita beri penghargaan, dan pada triwulan pertama tahun anggaran 2020 akan diberikan," ungkapnya. 

Adapun besaran bantuan uang tunai yang diterima siswa/i tersebut adalah untuk peraih medali Emas Internsional Rp 20 juta, medali Perak Rp 15 juta, dan Perunggu Rp 10 juta.

Sementara untuk peraih prestasi tingkat nasional, medali Emas Rp 6 juta, Perak Rp 5 juta dan Perunggu Rp 4 juta. (MCR/mad)

Berita Terkait