Selasa, 14 Rabiul Akhir 1441 H | 10 Desember 2019

Info

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mempertegas komitmen untuk mendukung pengembangan kualitas pendidikan. Hal ini diwujukan dengan program sekolah gratis seperti yang sebelumnya sempat diwacanakan.

Dalam realisasinya, pihak Pemprov Riau sedang melakukan persiapan untuk mengimplementasikan hal tersebut. Diharapkan, program tersebut dapat terealisasi tahun 2020 mendatang.

Gubernur Riau Syamsuar menegaskan, hal tersebut memang menjadi perhatian ekstra. Direncanakan untuk tahun depan program sekolah gratis untuk SMA/SMK negeri di Riau bisa diimplementasikan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Diharapkan dengan langkah tersebht dapat membantu anak-anak Riau yang kurang mampu dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas dan layak.  

“Insyaallah yang berkaitan dengan pendidikan SMA/SMK negeri tahun depan tidak ada biaya lagi,” paparnya, Kamis (7/11).

Menurutnya, saat ini masih banyak anak-anak yang tidak bisa membeli pakaian seragam sekolah. Sehingga biaya sekolah yang tinggi diharapkan tidak lagi menjadi kendala yang berimbas pada siswa putus sekolah karena tidak mampu dari segi keuangan.

Selain itu dirancang untuk mengganti uang komite itu dengan menambahkan Biaya Operasional Sekolah Daerah (BOSDA). Sehingga bisa menutupi kebutuhan uang komite di sekolah dan tidak memberatkan orang tua siswa. (MCR/mz)

Berita Terkait