Senin, 13 Rabiul Akhir 1441 H | 09 Desember 2019

Info

PEKANBARU - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau menggelar Kegiatan Rapat Kerja Orientasi Peningkatan Teknis Kesamsatan Provinsi Riau di Hotel Prime Park Pekanbaru, Senin (11/11/19). 

Rapat kerja Orientasi Peningkatan Teknis Kesamsatan Provinsi Riau dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Indrawati Nasution dan dihadiri Oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setyawan dan Perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri Pendapatan Daerah Indrawan, Kepala Badan Pendapatan Provinsi Riau Indra Putrayana beserta Pejabat Daerah Provinsi Riau.

Dalam sambutannya, Indrawati Nasution mengatakan bahwa khususnya di Provinsi Riau, ciri utama yang menunjukkan suatu Daerah otonom mampu berotonomi adalah Daerah otonomi harus memiliki kewenangan dan kemampuan untuk menggali sumber-sumber keuangan sendiri.

Sedangkan ketergantungan pada bantuan Pemerintah Pusat, menurutnya, harus seminimal mungkin sehingga pendapatan asli Daerah atau harus menjadi bagian terbesar dari pendapatan keuangan Daerah Provinsi Riau.

Ia menjabarkan, pemasukan dari pajak Daerah tercatat pendapatan pajak Daerah Provinsi Riau pada tahun 2018 lalu meningkat sebesar 11,64%.

Dibandingkan dengan catatan capaian pendapatan tahun 2017 dari 11,64% tersebut, dikatakannya, pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor memberi kontribusi sebesar 62,85% dari total penerimaan lima jenis pajak daerah. 

"Yang lainnya sudah berbasis elektronik atau non tunai karena itu kami mengapresiasi langkah tim Pembina Samsat provinsi Riau yang telah menyediakan layanan Samsat elektronik Riau kini telah terintegrasi dengan layanan Samsat elektronik nasional," ujar Indrawati. 

"Dengan adanya Perpres Nomor 5 tahun 2015 tentang penyelenggaraan sistem administrasi Manunggal Satu Atap kendaraan bermotor dapat menjadi instrumen dan kesempatan bagi otoritas terkait untuk meningkatkan pelayanan dan kepatuhan masyarakat," sebutnya. 

Harapannya dengan diselenggarakannya kegiatan orientasi peningkatan teknis kesamsatan seluruh unsur Kesamsatan ini maka akan semakin bersinergi, sehingga pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik serta semakin berkualitas. (Mcr/Sur)

Berita Terkait