Senin, 13 Rabiul Akhir 1441 H | 09 Desember 2019

Info

PEKANBARU - Untuk pertama kalinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melaksanakan lelang kendaraan dinas milik Pemprov Riau secara online. 

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Riau, Syahrial Abdi, menjelaskan bahwa pelelangan secara online ini sebagai salah satu upaya untuk melelang kendaraan milik Pemprov secara transparan dan terbuka dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah.

"Seluruh masyarakat bisa ikut, harga dan spesifikasinya bisa dilihat langsung pada aplikasi. Jadi tidak ada yang mesti di tutup tutupi," katanya, saat menghadiri peresmian dan sosialisasi lelang kendaraan dinas secara online, di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Rabu (13/11).

Tambahnya, sebanyak 46 kendaraan yang dilelang di aplikasi lelang, yang bisa diakses  mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB hari ini. Jelasnya, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi tinggal login di aplikasi lelang dan pemenangnya akan diumumkan langsung setelah proses lelang usai.

"Jadi dalam tiga jam kita sudah langsung bisa mengetahui pemenang lelang dan bagi pemenang bisa langsung membawa pulang kendaraannya dengan membayar uang yang telah ditetapkan," ujarnya.

Lanjut Syahrial Abdi, jika cara lelang online bisa lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan pendapatan daerah, maka kedepannya akan melaksanakan lelang ini secara berkala dan untuk aset daerah lainnya.

"Lelang online juga bersempena dengan pekan kekayaan negara yang ke 13 tahun. Meskipun pertama lelang online, InsyaAllah efektif dan efisien," tambahnya.

Ia berharap, dengan adanya lelang online ini bisa mengubah persepsi masyarakat bahwa aset daerah hanya bisa dimiliki oleh orang tertentu, padahal semua aset yang dilelang bisa dibeli dan dimiliki oleh siapa saja asal memenuhi persyaratan yang ditentukan.

"Salah satu cara untuk pengelolaan kekayaan negara dengan memanfaatkan sarana dan prasarana dari teknologi yang ada," ucap Syahrial Abdi. (MCR/IP)

Berita Terkait