Senin, 13 Rabiul Akhir 1441 H | 09 Desember 2019

Info

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengatakan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) semakin lama semakin diperlukan keberadaannya.

Hal tersebut dikatakan Syamsuar saat menghadiri Kongres Daerah Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Provinsi Riau yang bertema "Penguatan organisasi perencanaan IAP Riau untuk mewujudkan Riau tangguh dalam membangun wilayah yang berwawasan lingkungan," di Ruang Audio Visual BPPW Riau, Sabtu (16/11/19).

Syamsuar menyambut baik dengan terselenggaranya kongres ini, sebab menurutnya sebelum melaksanakan pembangun itu butuh perencanaan terlebih dahulu.

"Karena perencanaan berpengaruh penting terhadap pembangunan," ujarnya.

Ia melihat, kedepannya rakyat Riau polulasinya semakin bertambah, oleh karenanya butuh perencanaan untuk membuat pembangunan di Riau semakin tertata dan bagus.

"Kami rasa organisasi IAP memang perlu keberadaanya di Riau," tutup Gubri.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum IAP Provinsi Riau, Mardianto Manan mengaku ia dan tim nya akan bergabung dengan perencanaan pembangunan yang ada di Provinsi Riau.

"Mau tidak mau kami akan tetap melibatkan diri untuk bergabung demi kemajuan pembangunan Riau kedepannya, baik terlibat secara formal maupun informal," tutur Mardianto.

Menurutnya, kedepan ini ahli perencanaan perlu keberadaannya, sebab mustahil dalam membangun tanpa ada perencanaan yang baik.

"Contoh daerah yang berkembang, tanpa perencanaan yang baik dikhawatirkan nanti akan jadi masalah, seperti sampah dan banjir," terangnya.

Lebih lanjut, Mardianto mengatakan, tonggak utama berdiri dan besarnya suatu daerah itu di awali dengan proses perencanaan, implementasi dan pengawasan atau pengendalian.

"Perencanaan merupakan tonggak utama berdirinya suatu desa. Jika perencanaannya salah maka implementasinya juga tidak akan berjalan. Sebab itu perencanaan sangat urgen kedepannya dan kita wajib terlibat," tutupnya. (MCR/NV)

Berita Terkait