Senin, 13 Rabiul Akhir 1441 H | 09 Desember 2019

Info

PEKANBARU - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 Tahun 2019 tingkat Provinsi Riau yang berlangsung Minggu (17/11/19) sangat meriah. Tidak kurang dari 7000 pengunjung memadati Jalan Gajah Mada Pekanbaru pagi ini. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani menyampaikan bahwa acara HKN ini memang direncanakan untuk menggelorakan semangat olahraga kepada masyarakat Riau, sejalan dengan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dimana untuk penguatan upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan derajat kesehatan adalah melakukan aktifitas fisik Yang sudah dituangkan pada PP nomor tentang Germas.

Banyak kegiatan yang ditaja Dinas Kesehatan Provinsi Riau antara lain Gowes (bersepeda sehat 10 km) bersama sangat diminati masyarakat. Antusias masyarakat tergambar dari jumlah kupon yang habis sebanyak 2000 kupon.

Selain Gowes, olahraga Senam Sehat Gernas Bersama pun diserbu masyarakat dan insan kesehatan. Ini terlihat dari jumlah kupon yang habis sebanyak 5000 kupon.

Dalam laporannya pada acara pembukaan pagi tadi kepada Gubernur Riau Syamsuar yang hadir bersama istrinya, Misnarni Syamsuar dan juga Forkopimda Riau.

Kadiskes yang biasa disapa Mimi ini menyatakan bahwa acara hari ini adalah penggerakan masyarakat untuk hidup sehat, dimana selain olah raga juga dibuka stand pameran yang diisi dengan pemeriksaan kesehatan gratis, sosialisasi Germas, bugar dengan jamu (Bude jamu). 

Edukasi penggunaan obat secara rasional dan juga bermacam-macam konseling seperti konseling gizi, tumbuh kembang, pemeriksaan gigi dan lain-lain yang didukung oleh Rumah Sakit Pemerintah dan swasta, laboratorium Kesehatan, Institusi Pendidikan dan Mitra Kesehatan serta Organisasi profesi Kesehatan. Tidak kurang dari 100 stand berdiri melayani masyarakat Pekanbaru.

"Dalam HKN ini banyak yang terlibat dan mendukung baik sebagai partisipan maupun sebagai sponsorship" kata Mimi.

Setelah mensupport berbagai pertandingan olahraga dan perlombaan, hari ini mereka juga mensupport dalam bentuk hadiah door prize. 

Untuk itu pihaknya mengucapkan terimakasih atas segala sumbangsih semua unsur kesehatan dan mitra sinergi kesehatan sehingga acara HKN tahun ini dapat berjalan sangat meriah.

Adapun pelaksanaan HKN tahun ini juga agak berbeda dari tahun lalu, antusias masyarakat dan insan kesehatan yang ikut bahkan juga berasal dari Kabupaten di luar Kota Pekanbaru.

Selain tamu dari lingkungan Pemprov Riau, acara HKN juga dihadiri segenap pimpinan rumah sakit, Labor kesehatan, Institusi kesehatan dan juga Ketua Organisasi Profesi dan dari Pimpinan mitra sinergi kesehatan. (MCR/mtr)

Berita Terkait