Senin, 13 Rabiul Akhir 1441 H | 09 Desember 2019

Info

PEKANBARU - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau adakan Forum Data Statistik Sektoral dan Spasial Provinsi Riau tahun 2019 di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Selasa (19/11/19).

Forum itu dihadiri sebanyak 113 orang peserta yakni pejabat terkait dan staf yang mengelola pendataan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi vertikal di Provinsi Riau dengan tema "meningkatkan kualitas dan kuantitas data dalam rangka peningkatan layanan informasi pembangunan daerah menuju Satu Data Indonesia yang berintegritas".

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kadis Kominfotik) Provinsi Riau, Yogi Getri mengatakan bahwa sesuai dengan baru diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Peraturan Guberbur (Pergub) nomor 5 tahun 2019 tentang Satu Data Satu Peta, maka timnya langsung bergerak untuk mewujudkan Satu Data Indonesia.

"Kami di Diskominfotik Riau langsung bergerak dengan adanya Perpres dan Pergub tersebut untuk mewujudkan Satu Data Indonesia," ungkap Yogi.

Dengan ditunjuknya Diskominfotik Provinsi Riau sebagai wali data, Yogi mengajak kepada seluruh OPD sebagai produsen data agar bisa bekerja keras dan bekerja sama dalam terwujudnya Satu Data Indonesia di Riau.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai wali data nantinya akan ada rumah data sebagai tempat berkumpulnya semua data. Sehingga itu akan memudahkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dalam mengambil data.

"Jadi Bappeda tidak usah repot untuk memintak data kepada instansi dan OPD karena di rumah data sudah tersedia data-data yang diperlukan. Ini sangat membantu kita agar data disetiap OPD itu lengkap dan tidak berceceran," tuturnya.

Hadir sebagai pemateri dalam forum tersebut yakni Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Kasubdit Komunikasi Informatika, Statistik dan Persendian Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II Ucup hidayat, Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Simpul Jaringan IG Pusat Standardisasi Kelembagaan Informasi Geospasial Kedeputian Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial, Aris Haryanto, Statistisi Ahli Badan Pusar Statistik (BPS) Provinsi Riau Mujiono, dan Koordinator Pusat Studi Lingkungan Hidup LPPM Universitas Riau Suwondo. (MCR/NV)

Berita Terkait