Rabu, 28 Jumadil Awwal 1441 H | 22 Januari 2020

Info

PEKANBARU - Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir, menyampaikan bahwa kesehatan jiwa merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam diri manusia.

Ia mengungkapkan bahwa jika jiwa seseorang sehat, maka secara otomatis badannya juga akan terasa sehat dan sebaliknya.

Terang Mimi, kesehatan jiwa merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan, karena termasuk pada konsentrasi keselamatan manusia, jika tidak diperhatikan bahkan sampai berakibat pada bunuh diri.

"Dalam lagu Indonesia Raya saja sudah disebutkan terlebih dahulu bangunlah jiwanya bangunlah badannya, jelas kan jiwa dulu baru badan," katanya, Minggu (24/11), saat menghadiri acara pelantikan PW IPKJI Riau di Aula Universitas Muhammadiyah Riau.

Mimi mengungkapkan, secara fisik setiap manusia mengalami depresi di jiwa masing-masing, namun tingkat atau kadar depresinya yang berbeda.

Oleh karena itu, banyak manusia yang bunuh diri karena tidak sanggup melawan rasa depresi dan menahan emosi yang ada pada diri.

"Sejak bulan Juli-November sebanyak 20 kasus meninggal karena bunuh diri di Riau, itu artinya sebulan ada empat kasus. Ini tugas kita bersama bagaimana pentingnya mengendalikan emosi," katanya.

Mimi berharap, melalui IPKJI Riau dapat bersinergi dengan pemerintah dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat pentingnya menjaga kesehatan jiwa serta siap melakukan pengobatan jika bermasalah dengan kejiwaan.

"Adanya IPKJI Riau akan menyadarkan masyarakat pentingnya kesehatan jiwa, jadi tidak ada lagi yg depresi akibat permasalahan di dunia ini," ujar Mimi.

Ia juga berharap, melalui perawat kesehatan jiwa yang ada di setiap puskesmas mampu melakukan deteksi awal permasalahan kejiwaan dan mampu memberikan pertolongan pertama terhadap penyakit tersebut.

"Jadi dari puskesmas sudah ada pertolongan, tidak langsung dirujuk kerumah sakit. Kita komitmen untuk mengembangkan kesehatan jiwa di Riau," tutupnya. (MCR/IP)

Berita Terkait