Rabu, 28 Jumadil Awwal 1441 H | 22 Januari 2020

Info

PEKANBARU - Pengurus Wilayah Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (PW IPKJI) Riau periode 2019/2024, telah resmi dikukuhkan.

Pengukuhan ini berlangsung di Aula Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Minggu (24/11).

Ketua PW IPKJI Riau Periode 2019/2024 Sri Wahyuni, menjelaskan bahwa tugas dan fungsi IPKJI adalah sebagai organisasi profesi yang terhimpun dalam keperawatan jiwa, dengan tujuan meningkatkan kemampuan perawat jiwa yang bermartabat dan menjunjung tinggi profesionalitas.

Sri Wahyuni mengungkapkan, perawat jiwa merupakan seorang perawat yang memiliki kemampuan khusus di bidang kejiwaan, sehingga memiliki kemampuan mendeteksi mental pasien secara dini.

"Perawat jiwa juga sangat penting, seorang perawat jiwa telah lulus ilmu keperawatan jiwa atau pelatihan kejiwaan terlebih dahulu baru bisa dikatakan perawat jiwa. Karena mendeteksi kejiwaan lebih sulit dibandingkan merawat fisik pasien," katanya.

Tuturnya, ia bersama anggota pengurus PW IPKJI Riau, berkomitmen untuk terus mengembangkan ilmu keperawatan jiwa, dan akan berupaya penuh merangkul seluruh perawat di daerah Riau untuk terus bersama memajukan perawat kejiwaan.

"Kita akan bersama-sama saling merangkul untuk memajukan keperawatan jiwa di Riau," terangnya.

Selain pelantikan pengurus PW IPKJI Riau periode 2019/2024, PW IPKJI juga menyelenggarakan seminar dengan tema promosi kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. (MCR/IP)

Berita Terkait