Ahad, 7 Ramadhan 1442 H | 18 April 2021
BKD Riau Gelar Sosialisasi PP No. 30 Tahun 2019 & Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN

PEKANBARU - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau mengadakan sosialisasi peraturan pemerintah No. 30 tahun 2019 dan pengukuran Indeks profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah Provinsi Riau tahun 2019, di Hotel Furaya Pekanbaru, Senin (25/11/2019).

Sosialisasi ini diisi oleh narasumber dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat yaitu Dodi Mulyadi (Kasi Pengelolaan Jabatan ASN Unit SDA dan Anjar Dwi Antara (Kasi Pengelolaan Database Penilaian Kinerja Pegawai ASN).

Dalam sambutannya Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan bahwa Pengukuran Indeks Profesionalitas adalah sebagai pedoman bagi Instansi Pemerintah dalam Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN dengan tujuan agar terdapat standar bagi Instansi Pusat dan Instansi daerah dalam melaksanakan Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN secara sistematis, terukur, dan berkesinambungan.

Ia menjelaskan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai, adalah menjamin objektivitas pembinaan PNS yang didasarkan pada sistem prestasi dan sistem karier. 

"Penilaian Kinerja PNS sebagaimana dimaksud dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau organisasi, dengan memperhatikan target, capaian, hasil, dan manfaat yang dicapai, serta perilaku PNS, dengan prinsip objektif, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan," jelasnya.

Ihwan mengatakan Penilaian kinerja dilaksanakan dalam suatu Sistem Manajemen Kinerja PNS terdiri atas perencanaan kinerja, Pelaksanaan, Pemantauan Kinerja, pembinaan kinerja, Penilaian kinerja dan tindaklanjut serta Sistem Informasi Kinerja PNS. 

"Untuk pelaksanaannya setiap Instansi Pemerintah harus menerapkan Sistem Manajemen Kinerja PNS dan Pimpinan Instansi Pemerintah melakukan pengawasan terhadap penerapan Sistem Manajemen Kinerja PNS pada Instansi Pemerintah masing-masing" ucapnya

Ikhwan menjelaskan bahwa penilaian kinerja merupakan standar Profesionalitas ASN yang merupakan Dimensi yang menggambarkan pencapaian Sasaran kerja, pegawai yang didasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau organisasi dengan memperhatikan target, capaian, hasil dan manfaat yang dicapai serta perilaku PNS yang bertujuan mengidentifikasi dan mengukur data atau Informasi hasil pencapaian sasaran kerja pegawai dan perilaku pegawai sebagai manifestasi dari kinerja seorang pegawai, dan hasil dari Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN berupa Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Perilaku Kerja Pegawai (PKP).

"Ada beberapa hal yang harus mendapat perhatian dari kita semua, adalah standar Profesionalitas ASN adalah Kualifikasi, Kompetensi, Disiplin dan Penilaian Kinerja," tuturnya.

Ia mengharapkan peran Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengikuti Sosialisasi Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN dan peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2019 dapat memahami bahwa adanya ketertarikan antara Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN dan Penilaian Kinerja ASN karena hasil penyusunan Indeks Profesionalitas ASN ini menjadi salah satu bagian dari Peraturan Pemerintah tersebut. (MCR/AFQ)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Tim Pansel Komut PT BRK Bahas Persyaratan Calon

Jumat, 16 April 2021 | 14:19:58 WIB

Dewan Ingatkan, THR Karyawan Wajib Bayarkan Penuh

Kamis, 15 April 2021 | 17:26:05 WIB

Pemprov Riau Telah Siapkan Pergub Renaksi Riau Hijau

Kamis, 15 April 2021 | 17:06:36 WIB

Nilai Ekspor Riau Naik 61,71 Persen

Kamis, 15 April 2021 | 16:53:30 WIB