Sabtu, 18 Rabiul Akhir 1441 H | 14 Desember 2019

Info

PEKANBARU - Setelah merobohkan rumah liar di Jalan Garuda Sakti menuju Jalan Air Hitam, Selasa (26/11/2019) giliran rumah liar di Jalan Siak II dirobohkan Satpol PP Kota Pekanbaru.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Agus Pramono mengatakan ada ratusan rumah liar yang dibongkar. Mereka membongkarnya menggunakan alat berat.

Lokasi yang ditertibkan mulai dari perempat Jalan Riau Ujung atau tugu menabung, sampai ke arah Jembatan Siak II. Rumah liar ini dibangun di atas Daerah Milik Jalan (DMJ).

"Sudah satu minggu melaksanakan penertiban dari Garuda Sakti sampai jembatan Siak II. Di situ kan banyak rumah liar. Progres kita sampai hari ini sudah 70 persen," kata Agus.

Sebelum dirobohkan menggunakan alat berat, Satpol PP sudah lakukan sosialisasi. Mereka juga sudah memberikan surat peringatan. "Mereka juga sudah paham rumah itu di DMJ, tanah milik pemerintah, berarti milik Kota Pekanbaru," jelasnya.

Penertiban juga dilakukan lantaran banyak keluhan masyarakat. Selain itu, lokasi yang ditertibkan itu akan ada pelebaran jalan. "Mereka dipindahkan itu karena banyak keluhan masyarakat. Juga karena mau dibangun dua sisi jalan. Kalau tidak salah akhir Desember ini atau awal tahun 2020 akan dibangun jalan lebar," jelasnya.

Ia mengimbau warga yang sudah ditertibkan agar bersama-sama membangun kota yang lebih bagus dan lebih baik. "Minggu-minggu ini selesailah. Mudah-mudahan yang sudah disosialisasikan membongkar sendiri, supaya kayu, seng bisa diambil lagi," harapnya.(MC Riau/yan)

Berita Terkait