Kamis, 16 Rabiul Akhir 1441 H | 12 Desember 2019

Info

Wagubri Edy Natar Nasution dan Direktur PT RAPP, Rudi Fajar saat menyalami penerima beasiswa.

PEKANBARU - Program Beasiswa Pendidikan merupakan investasi pengembangan sumber daya manusia, sehingga generasi penerus dapat memiliki pengetahuan yang luas dan ketrampilan yang memadai sebagai modal untuk menatap masa depan sekaligus memajukan kehidupan bangsa. 

Setiap tahun sebanyak 100 mahasiswa dan 300 siswa SMA/SMK meraih beasiswa dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP). Mereka adalah anak-anak muda yang berasal dari keluarga kurang mampu dan tinggal di sekitar daerah operasional perusahaan serta mengenyam pendidikan di Riau. 

Perusahaan pulp dan kertas yang beroperasi di Pangkalan Kerinci ini telah memberikan beasiswa kepada siswa tingkat SMA/SMK/MA sejak tahun 1999 kepada para siswa di sekitar lima daerah operasional, yakni Kabupaten Pelalawan, Siak Sri Indrapura , Kuantan Singingi, Kampar dan Kepulauan Meranti. Para penerima beasiswa ini diseleksi sejak semester 1 untuk beasiswa tingkat perguruan tinggi atau kelas 11 untuk beasiswa tingkat SMA/SMK.

Keberlangsungan pendidikan untuk generasi penerus bangsa bukan hanya menjadi perhatian pemerintah saja, tetapi perusahaan juga selalu tergerak untuk mendukung pendidikan. Direktur PT RAPP, Rudi Fajar mengatakan pihaknya tidak bekerja sendirian, tapi juga berkolaborasi dengan pihak pemerintah seperti pemerintah desa dan sekolah untuk mencari siswa yang benar-benar membutuhkan bantuan untuk menunjang pendidikan mereka, sekaligus meningkatkan prestasi belajar.

Program beasiswa pendidikan merupakan kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada tujuan nomor empat, yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat.

“Program beasiswa ini menjadi salah satu program unggulan. Dengan adanya beasiswa, kami mendukung upaya pemerintah meningkatkan akses pendidikan. Perusahaan tidak ingin para siswa yang berdomisili di sekitar daerah operasional putus sekolah,” ujar Rudi di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (27/11/2019).

Rudi menyebutkan tahun ini, terdapat 120 penerima beasiswa tingkat PT, sebanyak 94 mahasiswa diantaranya merupakan penerima beasiswa lanjutan. Sedangkan dari 300 penerima beasiswa tingkat SMA/SMK tahun ini, sebanyak 140 siswa adalah penerima beasiswa lanjutan. Para penerima beasiswa lanjutan ini merupakan mahasiswa atau siswa yang mampu mempertahankan prestasi mereka sehingga berhasil mendapatkan beasiswa secara berkelanjutan.. 

Dalam rangka membantu masyarakat dalam mendapatkan akses pendidikan, PT RAPP memberikan sejumlah beasiswa baik tingkat SMA/SMK dan perguruan tinggi.

“Pemberian beasiswa ini merupakan investasi untuk daerah dalam bidang sumber daya manusia. Dengan pemberian beasiswa ini, diharapkan mereka dapat meningkatkan taraf hidup mereka dan bisa bermanfaat bagi orang lain,” tutur Rudi. (Mcr/rat)

Berita Terkait