Sabtu, 18 Rabiul Akhir 1441 H | 14 Desember 2019

Info

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memberi apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan Pasar Lelang Komoditi Agro Tahun 2019 yang ditaja oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop-UKM) Provinsi Riau. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat petani.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop-UKM) Provinsi Riau, Yulwiriati Moesa, mewakili Gubernur Riau saat membuka Kegiatan Pelaksanaan Pasar Lelang Komoditi Agro Tahun 2019 yang dilaksanakan di salah satu hotel yang ada di Kota Pekanbaru, Kamis (28/11).

"Menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk kepedulian pemerintah terhadap perkembangan perekonomian masyarakat atau petani.  Apa lagi pembangunan ekonomi nasional saat ini dihadapi oleh persoalan dan tantangan besar yaitu ekonomi global dan perdagangan ekonomi bebas," sebutnya membacakan pidato sambutan Gubri.

Disampaikan juga, produk ekonomi pertanian ini mencakup segala sistim agribisnis yang meliputi proses budidaya, pengawasan pasca panen, industri pengolahan, kegiatan perdagangan, industri pasar, termasuk kemampuan petani atau produsen masih dihadapi okeh berbagai masalah seperti tidak konsistennya jumlah dan mutu produk.

"Solusi dari mengatasi itu semua adalah dengan mengembangkan institusi pasar dalam bentuk pasar lelang dimana dipertemukan langsung antara petani atau penjual dengan pembeli.  Terciptanya harga yang transparan, memperpendek jalur pemasaran, mendukung peningkatan mutu dan produksi yang terjadi.  Pada akhirnya akan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani atau produsen," katanya lagi. (Ch)

Berita Terkait