Kamis, 16 Rabiul Akhir 1441 H | 12 Desember 2019

Info

PEKANBARU -  Kabar baik datang bagi dunia pendidikan di Riau, mulai tahun 2020 SMAN dan SMKN Se-Riau Gratis. Tahun 2020 di Provinsi Riau sekolah gratis untuk SMA/SMK, anggaran untuk sekolah gratis diusulkan tahun ini, hal ini sejalan dengan peraturan daerah yaitu wajib belajar 12 tahun untuk memastikan anak SLTP mendapat pendidikan SMA/SMK/MA.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan "Seiring dengan di sahkannya APBD 2020, biaya sekolah anak-anak kita di jenjang pendidikan SMAN dan SMKN digratiskan," postingnya di Instagram, Kamis (28/11).

Syamsuar menhajak semua pihak untuk bersama-sama mengawal proses pelaksanaannya serta memastikan anak-anak Riau mendapatkan hak meraih pendidikan setinggi-tingginya.

Sekolah gratis untuk siswa SMA dan SMK Negeri di Riau ini diterapkan merupakan wujud dari visi dan misi Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar - Edi Natar Nasution.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Rudiyanto mengatakan bahwa wajib belajar 12 tahun merupakan visi dan misi Gubenur Riau untuk memastikan anak-anak di Riau bisa sekolah hingga ke jenjang SMA dan SMK sederajat di Riau.

Ia menambahkan meski wacana sekolah gratis SMA dan SMK negeri baru akan diberlakukan tahun depan, namun untuk Penerimaan Peserta Diik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri tahun ini tidak dipungut biaya, sebab untuk PPDB sudah dibiayai oleh pemerintah. Sehingga orang tua tidak lagi ada diminta pungutan saat PPDB.

"Kalau PPDB tidak dipungut biaya, kami sudah ingatkan kepala sekolah untuk tidak meminta pungutan apapun saat PPDB. Kalau ada yang meminta pungutan PPDB laporkan ke kami, akan berikan tindakan tegas, ini sesuai dengan arahan pak Gubernur Riau kepada kami untuk menidak tegas kepala sekolah yang meminta pungutan diluar ketentuan dan aturan yang berlaku," tegasnya. (MCR/AFQ)

Berita Terkait