Jumat, 13 Zulqaidah 1441 H | 03 Juli 2020

Info

PEKANBARU - Festival Ruang Kita II Tahun 2019 yang ditaja Dinas Pariwisata Riau di Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai) berakhir Sabtu (7/12) malam.

Selain laporan Plt Kepala Dinas Pariwisata Riau, orasi kreatif Datuk Seri Al azhar, pembacaan puisi sastrawan Taufik Ikram Jamil dan Dheni Kurnia, serta lantunan lagu-lagu islami dari Not 7, Anisa Rahman, malam itu Wakil Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution menghibur penonton dengan tiga lagu lawas.

Saat menyanyikan lagu Wagubri betul-betul menghibur penonton. Tiga lagu yang dibawakannya mampu membikin penonton bergoyang sembari bertepuktangan, terutama ketika Wagubri menyanyikan lagu Timor Leste, Abia. 

Sementara itu Datuk Seri Al azhar selain menjelaskan perkembangan musik yang berangkat dari kearifan lokal, juga menceritakan bagaimana sejarah berdirinya kawasan pusat kesenian bernama Bandarserai.

“Kawasan Bandarserai merupakan ruang bagi seniman yang dalam prosesnya mendapat banyak tantangan. Di sini juga ada AKMR yang banyak melahirkan pelaku seni di Riau. Sekarang nasibnya mengkhawatirkan. Saya memohon kepada Pemda untuk ikut memikirkannya. Sekali ini saya bermohon,” harap Al azhar.

Edy Natar saat menutup Festival Ruang Kita II mengatakan, Pemerintah Daerah Riau sangat mendukung setiap program yang berhubungan dengan seni budaya.

“Kami menyambut baik kegiatan ini, dan berharap festival ini menjadi ikon Dinas Pariwisata. Festival ini kedepannya harus lebih berkembang,” ujarnya.

Seperti diketahui Festival Ruang Kita II dilaksanakan sejak tanggal 2 s.d 7 Desember di Bandarserai, Pekanbaru. Selama festival yang dibuka oleh Gubernur Riau, H Syamsuar, dilaksanakan Kenduri Musik, Riau Art Islami, Parade Lagu Daerah, bazar, pameran lukisan, fotografi dan bonsai. Bahkan pada pagi hari anak-anak TK mengikuti lomba mewarnai. 

Bahkan pada Jumat (6/12) lalu, di tempat yang sama Istri Gubernur Riau, Misnarni Syamsuar melakukan demo memasak yang disaksikan langsung oleh masyarakat Riau yang memadati kawasan Bandarserai, petang kemarin.

Demo memasak dan Pembinaan Kuliner khas Riau yang diikuti 12 kabupaten/kota di Riau. Kuliner 12 kabupaten/kota juga dilombakan dengan mendapat penilaian langsung dari Misnarni Syamsuar. (MCR)

Video

Update Covid-19 ( 2 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Updet Covid-19 ( 1 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Update Covid-19 (29 Juni 2020) di Provinsi Riau

Berita Terkait